31 C
Kudus
Jumat, Agustus 12, 2022
spot_img
BerandaUMKMSenyum Owner Barokah...

Senyum Owner Barokah Toys di Musim Haji, Mampu Jual 2 Ribu Boneka Unta

BETANEWS.ID, KUDUS– Siang itu Kusnan (45) terlihat menata souvenir boneka unta di rak tokonya Barokah Toys. Setelah selesai, sebagian banyak boneka unta lainnya dikemas ke dalam kantong plastik besar dan akan dikirim ke pelanggan. Di musim haji tahun ini, Owner Barokah Toys bisa kembali tersenyum kala keran umrah dan haji dibuka oleh Pemerintah Arab Saudi.

Usai menata boneka, Kusnan sudi berbagi penjelasan tentang usahanya yang kembali bergeliat kepada Betanews.id di tahun 2022. Pasalnya, pasalnya sejak kran umroh dan haji dibuka, Barokah Toys yang memproduksi boneka sovenir haji berbentuk unta mulai kebanjiran pesanan.

Aneka boneka yang tersedia di Barokah Toys. Foto: Rabu Sipan.

Baca juga: Produsen Pensil dan Boneka yang Bisa Dimakan Ini Punya Omzet hingga Rp10 Juta Sebulan

- Ads Banner -

“Permintaan boneka souvenir haji dan umroh mulai berdatangan tahun ini. Memang belum maksimal, tapi tetap disyukuri,” ujar Kusnan kepada Betanews.id, beberapa waktu lalu

Dia menuturkan, sebelum ada pandemi, setiap musim haji Barokah Toys mampu menjual 5 ribu boneka unta dengan berbagai ukuran. Di tahun ini yang merupakan pemberangkatan haji pertama usai pandemi pihaknya hanya mampu menjual sekitar 2 ribu souvenir haji berupa boneka unta.

“Memang penjualannya belum ada separuhnya dibanding sebelum pendemi. Tapi sudah cukup lumayan, dibanding saat pandemi yang boneka souvenir hajinya tak laku sama sekali,” ungkapnya.

Dia mengatakan, memproduksi souvenir haji berbentuk boneka unta dengan berbagai ukuran. Dari yang terkecil untuk gantungan kunci dijual dengan harga Rp 5 ribu per pcs, hingga yang paling mahal souvenir boneka unta yang dibanderol Rp 50 ribu per pcs.

Dia juga melayani pesanan boneka unta yang lebih besar tentu dengan harga yang lebih mahal. Selain berbentuk boneka unta, Barokah Toys juga produksi souvenir haji berupa tutup wadah tisu dan bantal dengan bordir kakbah.

“Untuk bahan kami memakai yang berkualitas. Di antaranya, veltboa, rasfur, vanei, nylex dan lainnya,” rinci Kusnan.

Dia mengungkapkan, pembeli souvenir haji berupa boneka unta adalah biro perjalanan umrah dan haji di Kudus, Jepara, Pati hingga Solo dan Semarang. Namun saat musim haji tiba, pembeli yang paling banyak adalah para bakul dan pihak keluarga yang berangkat haji.

Baca juga: Boneka Teddy Bear di Istana Boneka Paling Laris, Membernya Sering Dapat Promo Menarik

“Sekarang penjual boneka souvenir haji dijadikan satu pintu melalui distributor. Para bakul dan pihak keluarga haji beli boneka sovenir haji langsung ke distributor,” jelasnya.

Dia berharap, keadaan tahun depan bisa lebih baik. Penjualan boneka unta untuk souvenir haji bisa lebih banyak.

“Harapannya tahun depan tentu bisa lebih baik. Permintaan boneka lebih banyak lagi,” harapnya.

Editor: Kholistiono

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

32,381FansSuka
15,327PengikutMengikuti
4,330PengikutMengikuti
90,084PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler