31 C
Kudus
Sabtu, Desember 3, 2022
BerandaKULINERMencicipi Cipak Ayam...

Mencicipi Cipak Ayam Suwir, Jajanan Pedas Khas Garut

BETANEWS.ID, KUDUS – Mencicipi cipak isi ayam suwir, kini tak perlu jauh-jauh ke kota asal Garut, Jawa Barat. Di Jalan Raya Kenari, Desa Puwogondo, Kecamatan Kalinyamatan, Kabupaten Jepara, terdapat penjual yang menjual makanan berbahan dasar tepung aci itu, dengan menggunakan gerobak bertuliskan Cipak Ayam Suwir.

Hafidz Hasbullah (25) atau yang akrab dipanggil Hafidz, penjual Cipak Ayam Suwir tersebut mengatakan, cipak yang ia jual itu dibelinya langsung dari Kota Garut, Jawa Barat. Hal tersebut karena ia ingin pelanggan benar-benar merasakan sesasi makan cipak khas Garut.

Penjual cipak ayam suwir khas Garut di Jalan Raya Kenari, Desa Puwogondo, Kecamatan Kalinyamatan, Kabupaten Jepara. Foto: Erna Safitri.

Baca juga: Tunanetra Penjual Cilok di Depan Asrama Polisi Kudus Ini Bisa Jual Ratusan Butir Sehari

- Ads Banner -

“Untuk cipaknya sendiri ini ambil dari Garut dan sausnya yang dipesan oleh istri saya. Selain itu, kalau cipak dari sana kan pembeli benar-benar merasakan camilan asli Garut seperti ini rasanya,” katanya kepada Betanews.id, Rabu (15/9/2022).

Hafidz menyebut, cipak yang dijulanya tersebut berbentuk bulat gepeng berukuran kecil dengan tekstur kering di luar dan kenyal di dalam. Cipak memiliki isian ayam suwir yang sudah diberi bumbu pedas.

Dalam penyajiannya, satu porsi cipak terdiri dari belasan cipak isi ayam suwir yang kemudian disiram dengan bumbu pedas. Bumbu pedas ini berbahan dasar dari cabai dan bumbu khusus. Untuk satu porsi cipak isi ayam suwir ini dibanderol dengan harga Rp12 ribu, baik kemasan cup kertas ataupun styrofoam.

“Cipak isianya ayam suwir yang rasanya pedas. Ketika dimakan tanpa saus sambal sudah pedas dari isiannya. Untuk takaran sausnya juga bisa request, mau yang pedas atau yang sedang juga bisa,”jelasnya.

Untuk menikmati cipak ayam suwir ini, pelanggan bisa datang langsung ke lapak yang buka setiap hari, mulai pukul 16.30 hingga pukul 22.00 WIB. Di lapaknya itu, setidaknya ia dapat menjual 40 hingga 70 porsi cipak ayam suwir.

Baca juga: Bantu Ibunya Cari Uang Setelah Ayahnya Meninggal, Remaja di Kudus Ini Tak Malu Jualan Cilok

Hafidz berharap, usaha yang baru dirintisnya sejak dua bulan lalu itu bisa terus berkembang dan memiliki banyak pelanggan. Serta ke depannya dapat membuka cabang dan memiliki banyak varian menu lain tidak hanya cipak ayam suwir.

“Ke depannya semoga makin laku, banyak yang suka ada tambah menu lain. Serta bisa berkembang dan buka cabang lagi,” pungkasnya.

Editor: Kholistiono

Erna Safitri
Erna Safitri
Erna Safitri adalah reporter Beta News yang bergabung pada 2022. Pernah menempuh pendidikan di IAIN Kudus Jurusan Komunikasi.

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler