31 C
Kudus
Jumat, Agustus 12, 2022
spot_img
BerandaUMKMDorong Pelaku UMKM...

Dorong Pelaku UMKM Urus HKI, Yasonna Laoly : ‘Dapat Dijadikan Jaminan Utang’

BETANEWS.ID, SOLO – Meteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Yasonna H Laoly menemui masyarakat Solo yang terdiri dari pelaku usaha,insan kreatif,serta komunitas seniman untuk menyosialisasikan pentingnya melindungi kekayaan intelektual (KI).

Dalam kegiatan ‘Yasonna Mendengar’ itu, Menkumham didampingi Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. Acara tersebut digelar di Pendapi Gede Balaikota, Rabu (20/7/2022).

Menkumham Yasonna bersama Gibran berdiskusi lebih dekat dengan para komunitas penghasil Kekayaan Intelektual dan masyarakat. Yasonna mendorong pelaku usaha segera mengurus Hak Kekayaan Intelektual (HKI) agar memperoleh berbagai manfaat dari pemerintah.

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H Laoly menyerahkan surat pencatatan hak cipta. Foto: Khalim Mahfur.
- Ads Banner -

Baca juga: Gandeng GoTo Dirikan Kampus UMKM Bersama, Gibran Ingin Bangkitkan UMKM Solo

“Kami mendorong UMKM untuk terus berkembang, pemerintah membantu buat UMKM yang mendaftarkan kekayaan intelektualnya ada fasilitas, ada insentif yang diberikan,” jelas Yasonna.

Menurutnya, para pelaku UMKM yang jika sudah memperoleh legalitas akan lebih mudah mengajukan kredit ke perbankan. Di samping itu, ia juga menuturkan, bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga telah mengeluarkan kebijakan bahwa HKI dapat dijaminkan menjadi alat untuk meminjam uang fidusia.

“Ini upaya pemerintah untuk mendorong pertumbuhan UMKM kita,” ujar Menkumham.

Yasonna menjelaskan, pendaftaran dapat dilakukan oleh pelaku UMKM, pencipta, desainer, dan berbagai kalangan yang mempunyai kegiatan intelektual. Apalagi, menurutnya merk atau brand bagi pelaku UMKM sangat penting.

“Kalau UMKM mereknya sangat penting. Saya juga menjelaskan perlunya pendaftaran perusahaan, ada yang punya perusahaan perorangan yang dengan mudah diakses untuk dapat sertifikat perusahaan perorangan,” kata dia.

Yasonna juga menyebut, bahwa jumlah merek yang segera bisa didaftarkan oleh pelaku UMKM ke HAKI memiliki potensi sekitar 7 ribu merk. Untuk itu, ia mendorong para pelaku usaha untuk segera mendaftarkan karena memang jumlah pengusaha UMKM di Indoensia sangat besar.

“Kami dorong terus pendaftaran sampai ke angka yang lebih tinggi lagi. Itu masih kecil, UMKM kita ada 60 juta,” katanya.

Sementara itu, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan, bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Solo akan terus mendorong pelaku ekonomi untuk segera mendaftarkan hak kekayaan intelektual. Terlebih di Solo banyak sekali para pelaku ekonomi kreatif.

“Solo kan banyak orang (pelaku ekonomi) kreatif, bisa memanfaatkan Mal Pelayanan Publik (MPP) untuk mendaftar,” kata Gibran.

Pada kesempatan tersebut, Gibran juga menyampaikan kekhawatiran para pengusaha batik. Adapun kekhawatiran yang dirasakan, yakni motif batik Indonesia yang berpotensi diklaim oleh brand internasional.

Baca juga: Kenduren UMKM Jadi Cara BI Solo Dorong UMKM Go Global dan Go Digital

“Karena saya lihat memang brand-brand besar seperti tadi saya sebutkan, kayak Zara dan lain-lain, sudah mulai mengadopsi motif-motif batik kita. Jangan sampai nanti mereka istilahnya mencuri kekayaan kita,” kata suami Selvi Ananda itu.

Pada kegiatan tersebut, Menkumham Yasonna juga menyerahkan empat surat pencatatan hak cipta Para Games atas nama Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora). Hak cipta tersebut yakni logo ASEAN Para Games XI Tahun 2022, Pictogram cabang olahraga yang dipertandingkan pada ASEAN Para Games XI Tahun 2022, buku panduan rencana induk penyelenggaraan ASEAN Para Games XI Tahun 2022, serta Maskot ASEAN Para Games XI Tahun 2022 yaitu Rajamala.

Surat penyerahan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Menteri Yasonna kepada Gibran yang juga merupakan Ketua Pelaksana Indonesia ASEAN Para Games Organizing Comittee (INASPOC).

Editor : Kholistiono

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

32,381FansSuka
15,327PengikutMengikuti
4,330PengikutMengikuti
90,084PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler