31 C
Kudus
Senin, Oktober 3, 2022
spot_img
spot_img
BerandaSOLOGandeng GoTo Dirikan...

Gandeng GoTo Dirikan Kampus UMKM Bersama, Gibran Ingin Bangkitkan UMKM Solo

BETANEWS.ID, KUDUS – Pemerintah Kota Solo menggandeng Gojek dan Tokopedia atau GoTo untuk mendirikan Kampus UMKM Bersama di Solo Techno Park. Kampus UMKM Bersama akan mengedepankan lima fokus utama dalam mempersiapkan UMKM go global, yaitu program edukasi yang berkesinambungan, penyaluran pendanaan, pemasaran online, sistem pembayaran dan logistik, serta penyaluran program unggulan berbasis ekspor.

Peresmian wadah pelatihan UMKM di Solo itu dihadiri oleh Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso, CEO GoTo Andre Soelistyo, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, CEO Tokopedia William Tanuwidjaja, serta Komisaris Tokopedia Wishnutama.

CEO Tokopedia William Tanuwidjaja menjelaskan, Kampus UMKM Bersama ini tentunya akan sangat membantu pelaku usaha yang merosot karena pembatasan mobilitas saat penerapan PPKM.

- Ads Banner -

Baca juga: Dukung UMKM Solo Ekspor ke Mancanegara, Ini yang Dilakukan Gibran Bersama Shopee

“Kalau program Bangkit Bersama ini sebenarnya ada dua pilar, ekonomi yang harus berkesinambungan dan di sisi lain juga program-program yang berhubungan dengan pemulihan kesehatan,” ujarnya, Kamis, (30/9/2021).

Dirinya menyebut, mitra dan pelaku usaha yang tergabung di Gojek dan Tokopedia bertambah empat juta di masa pandemi. Artinya, banyak pelaku usaha yang tidak menyerah dan malah bangkit di masa pandemi.

“Kota Solo sendiri mempunyai peningkatan jumlah mitra yang termasuk paling drastis. Saat ini sudah ada 12 juta lebih mitra yang sudah bergabung,” beber Wiliam.

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka menambahkan, pembinaan UMKM sangat diperlukan supaya bisa naik kelas. Pemerintah Kota Solo sendiri sangat berkomitmen untuk mengembangkan UMKM, terlebih untuk bisa go digital.

Baca juga: Kemenkop-UKM Gandeng Uniqlo Pasarkan Produk UKM Lokal

Inilah yang menjadi alasan Gibran menggandeng berbagai startup untuk mengembangkan UMKM di Kota Solo dan menghidupkan kembali Solo Techno Park yang sempat mangkrak. Ia mengaku bahwa Pemkot Solo tidak bisa berdiri sendiri dalam meningkatkan UMKM.

“Saya yakin Indonesia termasuk negara yang bisa paling cepat lah pemulihan ekonominya. Yang jelas karena capaian vaksinasi kita sudah tinggi, mari saya ajak warga Solo untuk tidak takut lagi beraktifitas. Saya jamin aman karena kalau kita menunggu sampai semua ini berakhir ekonomi kita akan seperti ini terus. Semoga niat baik kita ini diridai oleh Allah,” pungkasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

32,381FansSuka
15,327PengikutMengikuti
4,327PengikutMengikuti
90,084PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler