31 C
Kudus
Senin, Oktober 3, 2022
spot_img
spot_img
BerandaSOLOKenduren UMKM Jadi...

Kenduren UMKM Jadi Cara BI Solo Dorong UMKM Go Global dan Go Digital

BETANEWS.ID, SOLO – Bank Indonesia (BI) terus berupaya mendorong Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) untuk dapat go digital dan go global. Salah satu upayanya adalah menggelar Kenduren UMKM (Berkembang dan Berinovasi Menjadi UMKM Keren) yang sudah dimulai sejak 2020 lalu.

Kegiatan yang digelar di Atrium Solo Square Mall mulai Jumat (15/7/2022) sampai Minggu (17/7/2022) itu dibuka secara langsung oleh Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Kepala Perwakilan Kantor Bank Indonesia Solo, Nugroho Joko Prastowo menjelaskan, Kenduren UMKM itu berisi beberapa kegiatan, seperti pameran produk UMKM se-Solo Raya, talk show pengembangan UMKM, dan business matching dan edukasi.

- Ads Banner -

Baca juga: Harus ke Jogja untuk Kemas Makanan Kaleng, Dewi Berharap Jateng Nanti Punya Pabrik Sendiri

Joko menyebut, produk yang ditampilkan merupakan binaan dari komunitas penggiat UMKM di masing-masing daerah se-Solo Raya. Dengan adanya komunitas tersebut, maka UMKM binaan dapat bersinergi dan berkembang dalam satu wadah, sehingga bisa menjadi lebih efektif dan efisien.

“Dengan kolaborasi di Solo Raya itu bisa untuk pelatihan, pemasaran kan bisa saling menginfokan. Kalau dulu kan Sragen sendiri, Sukoharjo sendiri. Sekarang kan bisa bersinergi,” paparnya di Solo Square, Jumat (15/7/2022).

Selanjutnya, kata Joko, jika ada lembaga atau perusahaan ingin mengadakan pelatihan, maka dapat menghubungi komunitas tersebut.

“Selanjutnya kalau ada marketing, pameran, bareng-bareng ini nanti kan ada agregator, misalnya ini tadi ada dari Timur Tengah. Jadi nggak perlu ke masing-masing kota tinggal dihubungi komunitasnya, ini apa produknya ketemu sambil kurasi, sambil dikasih tahu peningkatannya, sehingga tahun depannya bisa memenuhi syarat,” paparnya lagi.

Baca juga: Punya Fasilitas Kelas Atas, 177.256 UMKM Kini Jadi Binaan Pemprov Jateng

Gibran mengatakan, dari hasil keliling di beberapa stand, ia masih menemukan beberapa produk yang masih kurang layak.

‚ÄúTadi saya lihat masih ada beberapa yang packagingnya kurang standar biar didampingi BI,” ujar Gibran.

Seperti diketahui, Gibran membawa produk-produk UMKM asal Solo untuk dipamerkan di Paris Perancis pada Juni lalu. Selanjutnya, Gibran juga akan memamerkan UMKM unggulan Solo lagi ke Korea Selatan.

“Intinya semuanya yang terjadi di Paris nanti kita follow up semua. Sudah ada semua dan itu dilanjutkan lagi. Kalau produk yang mau dibawa ke Korsel rahasia,” tandas suami Selvi Ananda itu.

Editor: Ahmad Muhlisin

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

32,381FansSuka
15,327PengikutMengikuti
4,327PengikutMengikuti
90,084PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler