31 C
Kudus
Jumat, April 19, 2024

Soto Surabaya ala Warung SSR Kudus, Isian Lebih Komplit dengan Cita Rasa Khas

BETANEWS.ID, KUDUS – Soto merupakan kuliner khas Indonesia yang bisa ditemukan di berbagai daerah. Dalam semangkuk soto, disajikan perpaduan kuah kaldu daging dan rempah dengan tambahan daging seperti sapi atau ayam.

Sejumlah daerah pun memiliki kuliner sotonya sendiri. Cara penyajian soto berbeda-beda sesuai kekhasan di setiap daerah. Begitu pula dengan Jawa Timur yang juga punya beberapa kuliner soto yang sudah melegenda.

Lokasi warung SSR yang menyediakan menu Soto Surabaya yang berada di Desa Tanjungrejo, Jekulo, Kudus. Foto: Kartika Wulandari.

Baca juga : Kangen Masakan Khas Jawa Timur? Di Rumah Makan Bufet SSR Jekulo Banyak Pilihannya

Kuliner soto Jawa Timur ini juga tersebar di beberapa daerah. Sejumlah soto di Jawa Timur ini bahkan sudah terkenal dan dapat ditemui dengan mudah di lur daerah asalnya. Seperti halnya di Kudus, soto khas Jawa Timur, yakni Soto Surabaya juga bisa dinikmati di Rumah Makan Bufet SSR yang berada di Tanjungrejo, Kecamatan Jekulo.

Kuliner soto Jawa Timur, khususnya Soto Surabaya memiliki keunikan, mulai dari isian, bahan, dan cara memasaknya. Soto Surabaya memiliki isian yang lebih komplit, yaitu berisi mi soun, kol mentah, suwiran ayam, keripik kentang, telur ayam, koya, daun bawang dan bawang goreng.

“Berbeda dengan soto yang lain, soto Surabaya banyak sekali isiannya, dan kuah soto Surabaya menggunakan kuah kuning bening, yang rasanya cenderung gurih asin,” ujar Lilik Asmawati (46) Owner Buffet SSR.

Di SSR, untuk harga satu porsi soto Surabaya, dibanderol Rp 15 ribu per porsinya. Harga tersebut belum termasuk nasi putih.

“Yang membuat rasanya beda, karena kami ada taburan koyanya, jadi rasanya lebih gurih dan mantap,” tambahnya, Senin (04/04/22).

Tak hanya soto Surabaya, di Bufet SSR juga mempunyai menu khas Surabaya lainya, antara lain Sop Balungan, empal daging, empal paru, empal babat, empal limpa, ayam goreng srawut, kepala ayam, dan ati ampela srawut.

Baca juga : Soto Kerbau Pak Di, Soto Legendaris di Kudus yang Sudah Ada Sejak 1971

“Harga menu di sini murah saja, mulai dari Rp 11 ribu hingga Rp 25 ribu untuk makanan beratnya,” ujarnya.

Nah, jika ingin mencoba cita rasa soto khas Surabaya, Rumah Makan Bufet SSR ini buka setiap hari mulai pukul 10.00 sampai 22.00 WIB. Sedangkan, khusus untuk Ramadan, buka mulai jam 13.00 WIB.

Editor : Kholistiono

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
135,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER