31 C
Kudus
Kamis, Februari 29, 2024

Jelang Puasa, Warga Kudus Ramai-Ramai Ziarah ke Makam Leluhur

BETANEWS.ID, KUDUS – Sehari sebelum Bulan Ramadan, Makam Desa Ploso, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus terlihat ramai peziarah. Mereka datang untuk menyambangi makam leluhur sekaligus berkirim doa, atau biasa dikenal dengan tradisi nyadran.

Satu di antaranya adalah Rudi, warga Desa Pedawang, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus itu setiap menjelang Puasa Ramadan selalu mendatangi makam leluhurnya.

Warga Kudus menziarahi makam leluhur di pemakaman Desa Ploso. Foto: Rabu Sipan

“Setiap tahun jelang Ramadan saya pasti datang ke makam leluhur untuk berkirim doa. Selain itu juga untuk membersihkan makam agar terlihat rapi dan terawat,” ujar Rudi kepada Betanews.id, Sabtu (2/4/2022).

Baca juga: Tradisi Nyadran, Upaya Mengingat Leluhur di Bulan Ruwah yang Ada Sejak Zaman Majapahit

Rudi yang datang bersama istrinya itu menziarahi makam ayah, paman, serta eyangnya. Menurutnya, ziarah kubur tak hanya dilakukan saat jelang Ramadan saja, tapi setiap Kamis sore ia juga rutin mendatangi makam leluhurnya tersebut.

“Selain jelang Puasa nanti pas Hari Raya Idulfitri kami juga akan ziarah lagi ke makam leluhur. Tradisi ini kan mendoakan leluhur yang sudah meninggal, menurutku tradisi baik itu harusnya selalu dilestarikan,” bebernya.

Hal senada juga dikatakan oleh Faris. Warga Kelurahan Panjunan, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus itu ziarah ke makam ayahnya yang sudah meninggal bersama keluarga besarnya. Menurutnya, hal itu dilakukannya rutin setiap tahun menjelang Puasa Ramadan.

Baca juga: Sewu Sempol, Tradisi Menjelang Ramadan di Dukuh Masin Kandangmas

“Ya, setiap jelang Ramadan kami keluarga besar Ibnu Hasyim pasti ziarah ke makam orang tua kami. Sesudah di makam ayah, kami akan lanjut ziarah ke makam ibu kami yang ada di Dukuh Karangdowo, Desa dan Kecamatan Bae, Kudus,” ujarnya.

Dia menuturkan, ziarah ke makam leluhur adalah tradisi turun temurun yang menurutnya sangat bagus, sehingga harus dilestarikan. Sebab, ziarah itu kan mengirim doa kepada orang yang sudah meninggal.

“Tujuannya ziarah ini kan mengirim doa untuk yang sudah meninggal. Kami berkirim doa supaya memperingan beban ahli kubur kami,” tandasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER