31 C
Kudus
Selasa, Juni 28, 2022
spot_img
BerandaKULINER4 Getuk Kudus...

4 Getuk Kudus yang Patut Dicoba

BETANEWS.ID, KUDUS – Getuk merupakan makanan ringan yang terbuat dari singkong atau ketela pohon. Makanan yang mudah ditemukan di daerah Jawa Tengah maupun Jawa Timur ini umumnya memiliki rasa manis gurih yang khas. Di Kota Kretek terdapat sejumlah pedagang getuk, mulai dari getuk tradisional yang legendaris hingga inovasi baru yang sedang hits dikalangan anak muda. Berikut empat getuk di Kudus yang layak dicoba.

Getuk Dalangan

Getuk Dalangan khas Kudus yang laris banget. Foto: Rabu Sipan.

Suwarni (64) penjual Getuk Dalangan, getuk legendaris di Kudus yang sudah ada sejak tahun 1981. Warga Dukuh Dalangan RT 3 RW 5, Kelurahan Barongan, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus itu merupakan generasi ke dua yang mewarisi usaha orang tuanya.

Selain getuk, di sana juga menjual puli, ketan, mata belong dan lupis. Kelimanya bisa dibeli per bungkus, isinya hanya satu macam, atau bisa dicampur. Untuk harga sangat terjangkau dan tak akan bikin kantong jebol. Satu bungkus Getuk Dalangan harganya hanya Rp 2500.

- Ads Banner -

Baca selengkapnya: Getuk Dalangan, Kuliner Legendaris di Kudus yang Sehari Bisa Terjual Seribu Bungkus

Getuk Nyimut

Beberapa pelanggan sedang menikmati menu getuk sambil bersantai di gazebo Kedai Getuk Pak San. Foto: Kaerul Umam

Kedai Getuk Pak San di Desa Kajar RT 3 RW 1, Kecamatan Dawe, Kudus menyediakan Getuk Nyimut original, coklat, dan yang baru kali ini getuk alpukat yang di taburi toping sesuai keinginan pelanggan. Getuk original dijual dengan harga Rp 1 ribu, getuk nyimut coklat Rp 1 ribu, dan getuk alpukat Rp 3 ribu.

Kedai yang sudah ada sejak 6 tahun lalu itu juga menjadi kedai getuk nyimut pertama yang memfasilitasi gazebo. Di sana menyediakan sekitar 25 gazebo untuk pembeli yang ingin menikmati getuk sambil nongkrong.

Baca selengkapnya: Sehari Pak San Bisa Habiskan 80 Kilogram Ketela untuk Bikin Getuk Nyimut

Getuk Tengu

Kurniawati Rohmah saat membungkus produk Getuk Tengu. Foto: Ahmad Rosyidi.

Kurniawati Rohmah (24), warga Desa Menawan RT 05 RW 01, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, pemilik Getuk Tengu. Usaha yang dimulai sejak Desember 2019 itu kini sudah memiliki 15 orang reseller yang memasarkan di daerah Kudus, Demak dan Jepara.

Getuk Tengu memiliki lima varian rasa, yaitu original, coklat, keju, gula aren dan gula pasir. Semua dijual dengan harga sama, satu bungkus isi 10 dijual dengan harga Rp 12 ribu. Getuk yang terbuat dari ketela ungu itu mampu bertahan hingga 30 hari jika belum digoreng dan masih dalam kemasan. Tetapi kalau sudah dibuka hanya bisa tahan sekitar 7 hari saja.

Baca selengkapnya: Awalnya Iseng, Gethuk Tengu Buatan Nia Kini Jadi Bisnis Menjanjikan

Getuk Cilik

Getuk Cilik aneka rasa dan toping buatan Eky yang lagi hits di Kudus. Foto: Rabu Sipan.

Rezky Pratamay Lida (19) warga Desa Besito, RT 1 RW 5, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus selaku owner Getuk Cilik. Usaha yang ia tekuni sejak bulan Oktober 2020 itu kini semakin banyak diminiti para kalangan muda. Sesuai rencananya, ia ingin mengangkat makanan tradisional agar lebih digemari.

Getuk Cilik diolah dengan cara kekinian dan tersedia berbagai isian rasa serta toping. Antara lain, cokelat, stroberi, keju, dan gula aren. Topingnya ada blue mint, cokelat, stroberi, dan mangga. Untuk harga, ia bandrol Rp 10 ribu per pak isi 10 getuk.

Baca selengkapnya: Tak Mau Durhaka, Eky Keluar Kerja Demi Ibunya dan Rintis Usaha Getuk Cilik yang Lagi Hits

Editor : Ahmad Rosyidi

Lipsus 14 - Penerapan Teknologi Bambu untuk Tanggul Laut Tol Semarang Demak

Tinggalkan Balasan

31,944FansSuka
15,127PengikutMengikuti
4,332PengikutMengikuti
80,005PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler