31 C
Kudus
Rabu, Desember 8, 2021
spot_img
BerandaWisataMirip Menara Kudus,...

Mirip Menara Kudus, Masjid di Pantai Empu Rancak Jepara Ini Bikin Banyak Orang Penasaran

BETANEWS.ID, JEPARA – Miniatur Menara Kudus jadi pemandangan menarik di Masjid Nahdlatul Bahri yang berada di Pantai Empu Rancak, Desa Karanggondang, Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara. Selain menara, bangunan masjid juga dibuat mirip dengan arsitektur masjid yang berada di kompleks Makam Sunan Kudus itu.

Menurut Ketua RT 5 RW 8 Desa Karanggondang, Zunaidi, awal pembangunan masjid tersebut belum ada replika Menara Sunan Kudus. Kemudian, baru didirikan replika menara Kudus sekitar tahun 2014 oleh seorang kiai asal Kabupaten Kudus, KH Subakir Toyib. 

Penampakan Masjid Nahdlatul Bahri yang arsitekturnya mirip Masjid Menara Kudus. Foto: Kartika Wulandari.

“Dulu hanya masjid saja, direnovasi karena tanahnya masih gempur, kemudian 2014 mba  Yai Subakir Toyib asal Kudus yang mendirikan,” kata Zunaidi ditemui di lokasi, Sabtu (13/10) sore.

- Ads Banner -

Baca juga: Udara Yoga, Wisata di Jepara yang Suguhkan Suasana Mirip Bali

Ia mengaku tidak mengetahui secara pasti alasan KH Subakir mendirikan replika Menara Sunan Kudus. Yang hanya ia tahu, sosok KH Subakir gemar dengan benda-benda unik. 

“Saya tidak tahu persis alasanya, tetapi beliau memang suka dengan bangunan dan ornamen-ornamen unik. Jadi masjid ini pun yang membuat desainnya juga beliau sendiri,” tambahnya.

Menurutnya, replika Menara Sunan Kudus yang ada di masjid ini, memiliki kemiripan dengan yang asli hingga 80 persen. Replika menara itu memiliki ketinggian 10 meter dan lebar 3 meter. Kemudian, di setiap sisi bangunan menara juga terdapat piring keramik yang bertuliskan lafal asmaul husna.

Kemudian untuk detail bangunan, masjid mempunyai bentuk limas minimalis. Bangunan tersebut juga dibangun dengan bata merah dan setiap sisi dinding masjid dihiasi dengan piring yang berlafal asmaul husna dan ayat kursi. 

“Untuk bentuk keseluruhannya, mempunyai bentuk limas minimalis dan menggunakan batu merah,” ucapnya.

Baca juga: Eloknya Pantai Blebak Jepara yang Bikin Banyak Orang Tak Ingin Cepat-Cepat Pulang

Karena bentuknya yang unik, banyak para wisatawan yang jauh dari luar daerah  mengunjungi pantai sekaligus melihat replika menara Kudus yang ada di Masjid Nahdlatul Bahri

“Sampai sekarang, masjid ini masih  digunakan warga sekitar dan pengunjung untuk ibadah seperti biasa. Bahkan banyak warga dari luar daerah seperti Kudus yang datang kesini untuk melihat replika memara Sunan Kudus, yang menjadi daya tarik tersendiri,” tandasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Lipsus 10 - Kisah Oei Tiong Ham, Sang Raja Gula Terkaya di Asia Tenggara dari Semarang

Tinggalkan Balasan

31,087FansSuka
15,127PengikutMengikuti
4,337PengikutMengikuti
70,075PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler