31 C
Kudus
Selasa, Juli 16, 2024

Penuhi Ketersediaan Plasma Konvalesen, DATA Bantu PMI Solo Kumpulkan Pendonor

BETANEWS.ID, SOLO – Untuk membantu penyediaan plasma konvalesen, Komunitas Darah untuk Kita (DATA) bekerja sama dengan PMI Kota Solo melakukan skrining donor plasma di Atrium Solo Square, Sabtu (21/8/2021).

Komunitas DATA tersebut, mengumpulkan database penyintas Covid-19 bagi yang mau menjadi sukarelawan pendonor plasma. Tujuannya adalah, ketika dibutuhkan plasma untuk terapi pasien Covid-19 akan mudah dalam mencarinya.

“Nah, tujuan kita membuat database itu untuk memudahkan, sehingga ketika ada keluarga pasien covid membutuhkan plasma, itu bisa di share ke kami. Kemudian akan diteruskan ke database-database tersebut, berdasarkan golongan darahnya, jadi gak nyari lagi,” tutur Miftah Faridi, Koordinator DATA.

-Advertisement-
Anggota TNI sedang melakukan donor darah. Foto: Khalim Mahfur.

Baca juga : Bantu PMI Solo Cukupi Plasma Konvalesen, PDP 21 Skrining Pendonor di Hari Kemerdekaan

Tidak hanya sekali ini, katanya, sebelumnya DATA juga sudah beberapa kali bekerja sama dengan PMI Solo mengadakan kegiatan serupa. Miftah mengatakan, bahwa pihaknya mulai mengadakan kegiatan tersebut sejak Desember 2020 lalu.

“Kami kumpulkan waktu itu hanya 5 sampai 10 orang. Nah, kemudian kami buat materi-materi di media sosial untuk mengajak para relawan para penyintas untuk menjadi relawan. Wah ternyata animo masyarakat luar biasa, terus mereka mendaftar secara sukarela,” paparnya.

Menurutnya, sejak diinisiasi sembilan bulan lalu, hingga kini sudah ada 150 orang yang mendaftar melalui portal website darahuntukkita.com.

Dalam kesempatan tersebut, CEO PMI Solo Sumartono Hadinoto mengatakan, bahwa saat ini permintaan plasma konvalesen sudah tercukupi. Kendati demikian, dirinya menyebut jika lebih banyak pendonor, maka akan lebih baik lagi untuk dijadikan persediaan.

“Mereka (DATA) bisa mengkoordinir teman-teman pendonor dan sangat membantu bagi PMI. Walaupun seminggu yang lalu kami sudah mulai ada stok hampir 100 kantong per harinya, tapi 3 hari yang lalu sempat kosong lagi karena ternyata kebutuhan plasma masih cukup banyak, di atas 50 kantong per harinya. Tapi saya lihat dua hari ini sudah merata, walau belum semua golongan ada stok,” terang Sumartono.

Ia juga mengucapkan terima kasih, karena gotong royong dan kepedulian masyarakat Kota Solo akan kebutuhan plasma. Dirinya mengungkapan pada hari ini terdapat lebih dari 100 orang yang mendaftar untuk melakukan skrining donor plasma.

“Jadi kami hanya mengimbau pendonor, selama masih bisa mendonorkan kami berharap mereka mau mendonorkan plasmanya,” tuturnya.

Wakil Walikota Solo, Teguh Prakosa yang juga meninjau kegiatan tersebut turut mengucapkan terima kasih atas kepedulian DATA dan PMI Solo kepada masyarakat. Dirinya mengatakan, dengan persediaan stok plasma konvalesen yang berlimpah, pasien Covid-19 dapat melakukan terapi tanpa harus sampai kondisinya memburuk.

Baca juga : Amankan Stok Plasma Konvalesen, PMI Jaring Pendonor di Solo Paragon Mall

“Lha sekarang kita mencadangkan (plasma konvalesen) itu. Harapan kami, per dua minggu, kegiatan ini ada, karena memang persyaratannya habis dua minggu bisa diambil lagi,” ujar Teguh.

Menurutnya, yang membutuhkan donor plasma konvalesen tidak hanya di Kota Solo saja. Dirinya berharap kegiatan serupa juga dilakukan oleh daerah-daerah lain yang kesulitan mendapatkan donor plasma.

“Kami mendorong teman-teman kabupaten yang lain yang punya rumah sakit kemudian punya pasien ya mestinya mempunyai inisiatif, supaya orang tidak bertumpu ke Solo semua,” tandasnya.

Editor : Kholistiono

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER