31 C
Kudus
Senin, Mei 27, 2024

Kapolda Jateng Pastikan Pemakaman KGPAA Mangkunegara IX Sesuai Prokes

BETANEWS.ID, SOLO – Jenazah Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara IX yang saat ini sudah berada di Pura Mangkunegaran akan dimakamkan Minggu (15/8/2021) lusa. Almarhun akan disemayamkan di Astana Girilayu, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar.

Kapolda Jateng Irjen Pol. Ahmad Luthfi merngatakan, pihaknya sudah menyiapkan seputar pengamanan saat prosesi pemakaman. Termasuk juga memastikan tidak ada kerumunan dalam agenda tersebut.

“Jadi sudah disiapkan oleh Polresta terkait pengamanan, pada saat pegajian dan pemakaman secara Muslim,” paparnya, Jumat (13/8/2021).

-Advertisement-

Baca juga: KGPAA Mangkunegara IX Akan Dimakamkan di Karanganyar Minggu Lusa

Selain itu, Luthfi menambahkan, pihaknya akan melaksanakan pengawasan agar tidak terjadi suatu kerumunan. Satgas Covid-19 akan koordinasi dengan pihak Keraton, sehingga ketika pelaksanaannya bisa berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Untuk mengatur pelayat dari masyarakat, Polresta Solo akan memberikan imbauan kepada masyarakat sekitar agar tak usah mendatangi Keraton Solo.

“kaya pintunya pun sudah kita batasi. Ya tidak semua pintu dibuka. Nanti masyarakat akan dikasih pengertian. Kalau perlu nanti ada layar biar masyarakat bisa melihat prosesi pemakaman raja mangkunegaran,” katanya.

Baca juga: KGPAA Mangkunegara IX Wafat, Ganjar: ‘Mas Djiwo Sangat Gaul dan Dekat dengan Masyarakat’

Tak lupa, Luthfi juga mengucapkan bela sungkawa atas kepergian KGPAA Mangkunegara IX. Menurutnya, almarhum merupakan sosok yang santun dan juga semarak.

“Terakhir itu empat hari yang lalu kita komunikasi dan sangat kita segani. Beliau adalah sosok suri tauladan dalam kegiatan masyarakat maupun kegiatan-kegiatan keraton,” tutupnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
137,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER