31 C
Kudus
Senin, Mei 27, 2024

KGPAA Mangkunegara IX Akan Dimakamkan di Karanganyar Minggu Lusa

BETANEWS.ID, SOLO – Jenazah Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara IX sudah tiba di Pura Mangkunegaran Solo, Jumat, (13/8/2021) kurang lebih pukul 16.15 WIB. Penguasa Pura Mangkunegaran, Solo tersebut meninggal dunia di Jakarta, Jumat pukul 02.50 WIB dini hari.

Setibanya di Pura Mangkunegaran, Jenazah disambut dengan isak tangis keluarga serta kerabat yang sudah berada di lokasi. Terlihat beberapa kerabat mengucapkan bela sungkawa kepada istri almarmum, yakni Gusti Kanjeng Putri Mangkunegara IX.

Plt Pengageng Kabupaten Mandrapura, Bupati Anom Supriyanto Waluyo mengatakan, jenazah akan dimakamkan di Astana Girilayu, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar, Minggu (15/8/2021) pukul 10.00 WIB.

-Advertisement-

Baca juga: KGPAA Mangkunegara IX Wafat, Ganjar: ‘Mas Djiwo Sangat Gaul dan Dekat dengan Masyarakat’

Menurutnya, KGPAA Mangkunegara IX meninggal karena sudah sepuh yaitu berusia 70 tahun. Dirinya juga mengatakan bahwa sebelumnya KGPAA Mangkunegara IX memiliki  riwayat penyakit jantung.

“Pemakaman KGPAA Mangkunegara IX akan menggunakan adat Mataraman dengan menerapkan protokol kesehatan. Sebagian besar sama dengan adat Jawa pada umumnya. Cuma karena ini raja, ya agak berbeda,” katanya.

KGPAA Mangkunegoro IX merupakan Adipati kesembilan di Pura Mangkunegaran pada tanggal 9 Sura 1941 menurut penanggalan Jawa atau lebih dari 30 tahun. Almarhum lahir di Solo pada tanggal 18 Agustus 1951 dan akrab disapa Gusti Jiwo.

Baca juga: Antusias Siswa di Solo Ikuti Vaksin Tinggi, Virgi : ‘Sudah Kangen Sekolah’

“Sosok KGPAA Mangkunegara selama ini dikenal arif dan bijaksana. Selalu menghormati rakyat kecil,” imbuh Bupati Anom Supriyanto.

Kanjeng Gusti Jiwo diketahui pernah menikah dengan Sukmawati Soekarnoputri yang juga anak Presiden pertama RI, Soekarno. Almarhum meninggalkan seorang istri, Gusti Kanjeng Putri Mangkunegara IX serta 4 orang putra-putri. Yakni GPH Paundrakarna, GRA Putri Agung Suniwati, keduanya anak dari Sukmawati, serta GRAj Ancillasura Marina Sujiwo dan GPH Bhre Cakrahutama Wira Sudjiwo.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
137,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER