31 C
Kudus
Senin, Oktober 25, 2021
spot_img
BerandaKulinerIni Segudang Manfaat...

Ini Segudang Manfaat Teh Tubruk dan Celup Parijoto Alammu

BETANEWS.ID, KUDUS – Di depan pekarangan rumah yang berlokasi di Desa Colo, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, terlihat seorang wanita sedang mengemas buah parijoto kering yang dicampur dengan daun parijoto, ia memasukan teh parijoto ke dalam toples kaca berwarna putih bening.

Ditemui Betanews.id, Triyanto (37) pemilik Alammu mengatakan, dirinya baru saja membuat olahan baru yaitu teh parijoto. Jika sebelumnya, Rian mengolah buah parijoto menjadi sirop, permen, dan kripik, kini dirinya membuat olahan teh parijoto tanpa gula, dan pastinya tetap mempertahankan rasa aslinya.

Karyawan Alammu saat menjemur buah parijoto yang akan dijadikan teh. Foto: Kartika Wulandari.

“Produk parijoto ini bisa menjadi solusi bagi pembeli yang ingin merasakan rasa asli buah parijoto, karena tidak ada tambahan bahan apapun,” jelasnya Rabu (21/7/2021).

- Ads Banner -

Baca juga: Penjualan Sirup Parijoto Produksi Alammu Alami Peningkatan pada Masa Pandemi

Lalu untuk manfaatnya, lanjut Rian, sangatlah banyak. Mulai dari membantu meningkatkan kesuburan, sebagai obat kolestrol, mengatasi diare, serta kaya antioksidan dan mengandung vitamin C serta senyawa flavonoid 3,6% dan saponin sebesar 3,71%.

“Buah parijoto banyak sekali manfaatnya, dan salah satu mitosnya adalah, jika ibu hamil yang mengkonsumsi buah parijoto maka dipercaya anaknya akan cantik ataupun ganteng,” beber dia.

Rian juga menjelaskan sedikit proses pembuatannya. Ia mengatakan bahwa pembuatannya cukup mudah. Yaitu harus menggunakan buah parojoto yang sudah masak, kemudian buahnya dihancurkan kasar, dan terakhir dikeringkan selama 7 hari. 

Lalu setelah kering, ketika pengemasan, Rian juga menambahkan daun parijoto agar warnanya semakin cantik.

“Untuk kualitas buahnya, harus yang sudah  berwarna unggu tua, kalau masih berwarna ungu muda atau hitam nanti warna yang dihasilkan dan tidak cantik,” ujarnya.

Baca juga: Di Tengah Ketidakpastian Nasib Jadi Fotografer, Triyanto Coba Bikin Sirup Parijoto dan Kini Tuai Kesuksesan

Selanjutnya, untuk pengemasannya, Rian menyajikan 2 pilihan. Yaitu teh tubruk dan teh celup.

“Untuk kemasan tubruk berisi 50 gram dengan harga Rp 90 ribu, dan untuk kemasan teh celup berisi 20 kantong seharga Rp 110 ribu,” jelasnya.

Karena unik dan masih jarang yang membuat, teh parijoto buatan Rian pun banyak peminatnya. Bahkan produknya sudah dipasarkan hampir ke seluruh wilayah Indonesia. Kemudian untuk pemasarannya, Rian menjualkan semua produknya ke Instagram @alammu.official, Facebook, Tiktok, Youtube, dan WhatsApp 0812 2955 1516.

“Untuk produk kita, alhamdulillah hampir seluruh daerah sudah ada yang beli, karena kami juga mempunyai 100 reseller,” tukasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Lipsus 10 - Kisah Oei Tiong Ham, Sang Raja Gula Terkaya di Asia Tenggara dari Semarang

Tinggalkan Balasan

31,087FansSuka
15,023PengikutMengikuti
4,337PengikutMengikuti
62,220PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler