31 C
Kudus
Minggu, Mei 22, 2022
spot_img
BerandaKulinerMenu Serba Entok...

Menu Serba Entok di Kedai Gentong Mas yang Bikin Penikmatnya Sering Balik Lagi

BETANEWS.ID, KUDUS – Suara musik terdengar mengalun cukup keras menemani para pengunjung di sebuah kedai, Desa Loram Kulon, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus. Mereka tampak tersebar di bangunan semi outdoor yang cukup luas itu. Dari pengunjung itu, ada yang menyempatkan diri untuk berfoto di halaman depan yang ada taman dengan kucuran air dari gentong yang menempel di dinding. Tempat tersebut yakni Kedai Gentong Mas, milik Siswanto (49).

Ditemui di lokasi, Siswanto mengatakan, pemberian nama Gentong Mas di usaha kulinernya itu tersirat harapan dan sebuah kisah. Menurutnya, 1989 lalu di desa ditemukan sebuah gentong tingkat tiga. Tempat penemuan gentong itu, berjarak sekitar 100 meter dari tempat usahanya.

Kedai Gentong Mas yang punya menu unggulan serba entok. Foto: Rabu Sipan.

Gentong tersebut juga mengalir air sumber yang tidak pernah habis. Pada musim kemarau airnya tidak pernah berkurang. Bahkan pernah disedot pakai pompa diesel airnya juga tidak bisa kering. Sumber airnya tetap mengalir dengan derasnya.

- Ads Banner -

Baca juga: Dengan Rp 50 Ribu, Kamu Bisa Makan Sepuasnya di Matjeo Korean Grill Kudus

“Dari situlah, kami berinisiatif memberi nama usaha kuliner saya Gentong Mas. Gentongnya di samping sana dan emasnya di kedai saya. Harapannya juga, gentong yang ditemukan itu kan ada sumber airnya yang tak pernah habis. Saya pun berharap agat rezeki kami selalu menyumber terus,” ujar Siswanto kepada Betanews.id, Selasa (9/3/2021).

Pria yang sudah dikaruniai tiga anak tersebut mengatakan, usaha Kedai Gentong emas, ia rintis sekitar sebulan yang lalu. Dia memilih usaha kuliner karena istrinya hobi sekaligus pintar memasak. Sedangkan menu yang ditawarkan di Kedai Gentong Mas di antaranya aneka olahan entok, kepala manyung, serta olahan ayam dan telur.

“Dari menu tersebut yang paling populer dan diminati para pelanggan itu aneka olahan entok. Bahkan para pelanggan banyak yang cocok dan sering balik lagi,” bebernya.

Dia mengatakan, aneka olahan entok di Kedai Gentong Mas antara lain ada rica-rica entok, swike entok, serta tongseng. Untuk harganya dibanderol Rp 25 ribu seporsi. Untuk kepala manyung dan gulai kepala manyung dijual dengan harga Rp 40 ribu per porsi.

Lebih lanjut kata dia, di Kedai Gentong Mas juga menyediakan aneka olahan ayam. Di antaranya, ayam geprek, rica-rica ayam, serta ayam goreng yang dibanderol mulai Rp 10 ribu hingga Rp 20 ribu seporsi. Serta ada telur geprek yang harganya cukup Rp 6 ribu.

“Kami juga menyediakan aneka kerang dan keong. Minuman mulai dari teh, susu, kopi, jeruk, hingga wedang rempah, dan jus juga ada. Harganya juga sangat terjangkau dan tidak bikin kantong jebol,” ucap Siswanto.

Baca juga: Racikan Bumbu Rahasia di Seblak Kedai Twins yang Mampu Undang Ratusan Pembeli Tiap Hari

Dia menuturkan, konsep bangunan dari Kedai Gentong Mas itu semi outdoor. Meski di dalam tapi dinding nya itu banyak yang setengah badan. Jadi para pelanggan bisa menyantap hidangan yang lezat dan nikmat, sambil menikmati pemandangan asri persawahaan.

“Jadi, di Kedai Gentong Mas itu lidah dimanjakan oleh nikmatnya menu yang kami sajikan. Sedangkan mata dimanjakan oleh keindahan pemandangan hijau persawahaan,” kata Siswanto.

Kedai Gentong Mas buka setiap hari selain hari Senin, mulai pukul 9.00 WIB sampai Pukul 24.00 WIB. Itu merupakan jam operasional di luar pandemi. Saat ini jam operasional ikut aturan pemerintah.

Editor: Ahmad Muhlisin

Lipsus 14 - Penerapan Teknologi Bambu untuk Tanggul Laut Tol Semarang Demak

Tinggalkan Balasan

31,944FansSuka
15,127PengikutMengikuti
4,337PengikutMengikuti
80,005PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler