31 C
Kudus
Sabtu, Januari 23, 2021
Beranda Ekonomi Harga Cabai Setan...

Harga Cabai Setan di Kudus Tembus Rp 75 Ribu Per Kilogram

BETANEWS.ID, KUDUS – Di sebuah tempat perbelanjaan lantai dua Pasar Bitingan Kudus, tampak seorang wanita sedang memilah cabai yang sudah busuk untuk dibuang. Wanita tersebut yakni Ngatin (58), seorang pedagang sembako. Kios yang ditempatinya tersebut terlihat sepi pembeli dikarenakan harga cabai setan melonjak tinggi.

Ditemui betanews.id, wanita paruh baya itu bersedia berbagi informasi terkait kenaikan harga cabai saat ini. Dia mengatakan, kenaikan harga cabai setan tersebut sudah terjadi sejak empat hari lalu. Bahkan, kenaikannya menyentuh 10 persen dari Rp 50 ribu per kilogram menjadi Rp 75 ribu per kilogram.

Dua orang pembeli sedang memilih cabai setan di Pasar Bitingan. Foto: Kaerul Umam.

“Faktor penyebab terjadinya kenaikan harga cabai tersebut ada banyak. Musim penghujan seperti ini kemungkinan banyak petani yang gagal panen. Dengan demikian, sedikit petani yang akan menjual cabai ke bakul seperti ini. Maka, harga akan mengalami kenaikan dengan sendirinya,” bebernya, Rabu (6/1/2021).

Baca juga: Harga Kedelai Impor Melambung Tinggi, Pengusaha Tahu di Kudus Pilih Bertahan

Di musim penghujan ini, lanjut Ngatin, kenaikan harga cabai tidak hanya di jenis cabai setan saja, melainkan jenis cabai rawit, dan cabai merah. Sementara itu, bawang merah juga mengalami kenaikan. Untuk harga lainnya masih stabil.

“Untuk harga cabai rawit semula Rp 20 ribu per kilogram kini menjadi Rp 35 ribu perkilogram. Cabai merah yang semula Rp 40 ribu per kilogram, kini Rp 45 ribu per kilogram. Sedangkan untuk harga bawang merah yang semula Rp 10 ribu per kilogram, kini menjadi Rp 20 ribu per kilogram,” rinci warga Desa Lambangan RT 2 RW 2, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus itu.

Baca juga: Angka Kemiskinan di Kudus Tahun 2020 Naik 7,31 Persen

Salah satu warga yang membeli cabai di pasar tersebut, Zainul mengatakan, sekarang untuk harga cabai naik drastis, dari harga sebelumnya Rp 50 ribu per kilogram kini menjadi Rp 75 ribu per kilogram. Menurutnya, dengan hal tersebut sangat meresahkan untuk masyarakat dalam kebiasaan sehari-hari yang menggunakan cabai untuk disambal.

“Dengan harga yang naik ini, saya tetap membelinya, tetapi mengurangi banyaknya dari cabai tersebut. Misalkan, biasanya membeli 1 kilogram, kini hanya bisa membeli setengahnya saja. Dan biasanya, kalo harga cabai mahal seperti ini, dengan cara menambahkan tomat dan bawang merah untuk campuran sambalnya,” ungkapnya mengakhiri.

Editor: Ahmad Muhlisin

Tinggalkan Balasan

27,870FansSuka
14,114PengikutMengikuti
4,311PengikutMengikuti
27,373PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler