31 C
Kudus
Rabu, Mei 19, 2021
Beranda Kuliner Unik, Soto Kudus...

Unik, Soto Kudus dalam Batok Kelapa Ini Nikmatnya Bikin Lidah Bergoyang

BETANEWS.ID, KUDUS – Seorang pria terlihat sedang meracik makanan berkuah di sebuah warung Jalan Bhakti No 100c, Desa Rendeng RT 2 RW 6, Kecamatan Kota Kudus. Uniknya, ia menyajikannya di wadah batok kelapa. Setelah dituang, kuliner tersebut kemudian diantarkan kepada pembeli yang telah menunggu. Dia adalah Didik Raharjo (39), pemilik Warung Soto Bathok Pak Raharjo.

Setelah pembeli menikmati soto itu, Raharjo, sapaannya, bersedia berbagi cerita tentang usaha yang dirintis sejak 19 Agustus 2020 tersebut. Dia mengungkapkan, soto batok ini merupakan yang pertama di Kota Kretek. Menurutnya, kuliner yang dijualnya itu merupakan soto khas Kudus dengan tambahan rempah-rempah.

Pembeli sedang menunggu pesanan Soto Batok Khas Kudus yang dijual Raharjo di warungnya. Foto: Kaerul Umam

“Penyajian di dalam batok bertujuan untuk mengawetkan panas dari soto tersebut dan rempah-rempahnya yang bisa membuat badan terasa hangat,” beber Raharjo kepada betanews.id, Senin (26/10/2020).

- ads banner

Baca juga: Cegah Kanker Hingga Turunkan Berat Badan dengan Olahan Kalkun di Resto Raos Eco

Awal mula merintis usaha tersebut, lanjut Raharjo, terinspirasi dari ibunya yang sering masak soto berempah pada saat hajatan. Pada saat itu, para tamu suka dengan soto yang dibuat ibunya tersebut. Setelah itu, Raharjo mendapatkan ide untuk membuka warung soto dengan resepnya.

“Soto batok di sini ada dua, yaitu soto batok ayam dan soto batok kerbau. Untuk harga soto batok ayam Rp 12 ribu, sedangkan soto batok kerbau Rp 13 ribu,” beber Raharjo di warung yang buka mulai pukul 06.00 WIB hingga 17.30 WIB itu.

Raharjo mengakui, sejak buka warung sampai sekarang hanya promosi lewan Facebook. Meski begitu, pelangganya sudah cukup banyak, yakni bisa menjual sekitar 20 porsi setiap hari. Menurutnya, dengan terjual sebanyak itu, sudah lumayan buat warung yang baru berjalan dua bulan tersebut.

Selain itu, dirinya juga sedang mengadakan promo menarik di warungnya. Setiap pembelian di atas Rp 30 ribu, akan gratis ongkos kirim dengan maksimal radius 2 kilometer. Promo tersebut akan berlaku hingga akhir tahun 2020.

“Saya membuka soto batok ini menyasar kalangan remaja hingga dewasa. Alhamdulillah sampai sekarang, menurut pembeli yang sudah mencicipi soto di sini, kurang lebih 90 persen cocok dengan soto batok ini,” ujar warga Desa Glantengan RT 2 RW 3, Kecamatan Kota Kudus itu.

Baca juga: Menu Anti Mainstream di Kedai Bakso Semar Mesem, Ada Bakso Pelakor hingga Janda Ngamuk

Pembeli di Soto Batok Kudus Pak Raharjo, kebanyakan warga sekitar warung tersebut. Ada juga pembeli yang berasal dari Undaan, Kaliwungu, Jati, dan area Kota Kudus. Raharjo menyebutkan, untuk kendalanya, karena memang baru dua bulan buka, jadi belum banyak orang yang tahu tentang keberadaan soto batoknya tersebut.

“Saya berharap semoga soto batok ini bisa diterima oleh masyarakat Kudus, khususnya. Terkenal seperti soto pada umumnya, agar bisa menjadi ikon kuliner Kudus. Dan saya juga berharap kedepannya mempunyai warung yang menjual aneka soto,” pungkasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Tinggalkan Balasan

29,270FansSuka
14,686PengikutMengikuti
4,311PengikutMengikuti
39,141PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler