31 C
Kudus
Jumat, November 27, 2020
Beranda Kisah Manfaatkan Channel Youtube,...

Manfaatkan Channel Youtube, Adi Pertemukan Puluhan ODGJ Jalanan dengan Keluarganya

BETANEWS.ID, KUDUS – Seorang pria mengenakan kaus biru tampak sedang ngobrol bersama orang dalam gangguan jiwa (ODGJ) jalanan, di tepi Jalan DR Susanto, Kampung Kaborongan, Kelurahan Pati Lor, Kecamatan Pati, Kabupaten Pati. Dengan sabar, ia mengajak ngobrol, pria ODGJ tersebut juga diberi minum, dipotong rambutnya dan kemudian dimandikan. Itulah sekilas kegiatan Sukaryo Adi Putra (43) pemilik Channel Youtube Sinau Hurip.

Selesai mengurus ODGJ jalanan bernama Wayan itu, pria yang akrab disapa Adi itu sudi berbagi kisah tentang kegiatannya. Dia mengatakan, kegiatan menyambangi para ODGJ jalanan sebenarnya sudah dilakukannya bersama sang istri sejak 2007. Namun, kegiatannya dulu itu memang tidak diabadikannya melalui video dan tidak diuploadnya ke media sosial. Sebab, dulu ia hanya ingin memanusiakan mereka para ODGJ jalanan.

Sukaryo Adi Putra bersama dengan seorang ODGJ jalanan. Foto: Rabu Sipan

Baca juga : Melihat dari Dekat Pemilik Channel Sinau Hurip Bersama ODGJ Jalanan

“Dulu itu memang niat kami ya ingin memanusiakan mereka para ODGJ jalanan. Mengajak mereka ngobrol dan memberinya makan. Merasa iba saja, dengan gangguan jiwa, mereka terpisah sama keluarga dan dijauhi pula oleh masyarakat,” ujar Adi kepada betanews.id, Minggu (18/10/2020).

Pria yang tercatat sebagai warga Pati dan tinggal di Desa Singocandi, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus itu mengatakan, dulu kegiatannya itu dilakukannya beberapa hari sekali bahkan bisa sebulan sekali. Hal itu dikarenakan kesibukan pekerjaannya sebagai pengajar motivasi. Setelah pandemi mewabah, sekolahan banyak diliburkan. Ia pun tidak ada kegiatan.

“Karena tidak ada kegiatan itulah, saya memutuskan turun ke jalan mencari para ODGJ jalanan, tepatnya sekitar Bulan Maret. Namun, kali ini kegiatanku bersama ODGJ jalanan saya rekam dan saya upload ke media sosial termasuk Youtube,” bebernya.

Pria yang sudah dikaruniai tiga anak itu menuturkan, untuk hunting mencari para ODGJ jalanan ia berkeliling se eks Karesidenan Pati. Hingga saat ini ia sudah bertemu, ngobrol, memotong rambut dan memandikan ODGJ jalanan lebih dari 40 orang. Dengan Channel Youtube Sinau Hurip, ia mengaku 27 ODGJ jalanan sudah dikenali keluarganya.

“Dari 27 ODGJ jalanan, 21 diantaranya sudah bisa balik dan berkumpul bersama keluarganya. Sedangkan yang enam orang itu sudah dikenali, tapi dengan berbagai pertimbangan belum bisa diterima keluarga mereka,” bebernya.

Dia mengatakan, selama ini untuk biaya pemulangan para ODGJ jalanan ke keluarganya berasal darinya dengan dibantu beberapa pihak. Pihak keluarga ODGJ tidak perlu mengeluarkan biaya. Yang penting pihak keluarga menghendaki ODGJ jalanan dipulangkan, maka dengan senang hati ia mengantarkannya pulang.

“Saya pernah mengantarkan pulang ODGJ jalanan ke beberapa daerah asalnya. Di antaranya, Kudus, Ponorogo, Ngawi, Cirebon, Tangerang dan kota lainnya,” rincinya.

Baca juga : Kisah Agus Salim, Abdikan Hidup Merehabilitasi ODGJ di Yayasan Jalma Sehat

Dia menuturkan, selama ini setelah dimandikan para ODGJ jalanan itu dibiarkan lagi hidup di jalanan, sambil disambangi sepekan sekali. Setelah nanti ada keluarganya yang mengenali dan berkenan untuk dipulangkan, kemudian dipulangkan.

“Harapan kami ke depan bisa membangun panti rehabilitasi untuk para ODGJ jalanan. Jadi sebelum para ODGJ jalanan itu ada yang dikenali keluarganya bisa saya rawat di panti kami dan tidak hidup di jalanan,” harap Adi.

Editor : Kholistiono

Tinggalkan Balasan

27,184FansSuka
13,973PengikutMengikuti
4,307PengikutMengikuti
23,029PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler

UMK Eks Karesidenan Pati, Rembang Terendah Kudus Tertinggi

BETANEWS.ID, MAGELANG - Upah Minimum Kabupaten (UMK) di 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah mengalami kenaikan dibandingkan tahun 2020. Kenaikannya bervariasi mulai dari...

Kue Kamir Khas Arab, Pertama di Kudus yang Kini jadi Primadona

BETANEWS.ID, KUDUS - Di tepi Jalan KH Ahmad Dahlan sebelah barat Perempatan Sucen, Kelurahan Kerjasan, Kecamatan Kota, Kudus tampak terlihat kedai penjual...

Awalnya Hanya Hobi Ternak Ikan Guppy, Gankzoe’s Malah Mampu Ekspor

BETANEWS.ID, KUDUS - Di ruangan sebuah rumah yang berada di RT 8 RT 3 Gang Sendrong, Desa Getas Pejaten, Kecamatan Jati, Kabupaten...

Nganggur 8 Bulan Akibat Pandemi, Ari Bangkit Jualan Tanaman Hias di Tepi Jalan

BETANEWS.ID, KUDUS - Di tepi jalan sebelah lapangan sepak bola Desa Loram Wetan, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, tampak mobil pikap yang mengangkut...

Tolak Gaji Rp 25 Juta Per Bulan di Jepang, Safuan Pilih Rintis Usaha Produksi Pupuk Organik

BETANEWS.ID, KUDUS - Beberapa pria tampak sedang sibuk di sebuah pekarangan di Dukuh Bonajar RT 2 RW 6, Desa Puyoh, Kecamatan Dawe,...

Pemkab Kudus Tak Larang Gelar Pesta Pernikahan, tapi Jangan Ada Panggung Hiburan

BETANEWS.ID, KUDUS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus menegaskan tidak pernah melarang gelaran pesta pernikahan selama masa pandemi. Namun, pihaknya terus mengimbau pelaksanaannya...

Nissan Beri Diskon Gila-Gilaan Jelang Akhir Tahun Ini

BETANEWS.ID, KUDUS - Bagi Anda yang tengah mencari mobil jenis Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) , Multi Purpose Vehicle (MPV) ataupun Sport...