31 C
Kudus
Kamis, November 26, 2020
Beranda Kisah Melihat dari Dekat...

Melihat dari Dekat Pemilik Channel Sinau Hurip Bersama ODGJ Jalanan

BETANEWS.ID, KUDUS – Pagi itu di ruang tamu sebuah rumah di Perumahan Jalan Sumur Kotak 11 Nomor 7 Candi Lor, Desa Singocandi, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus tampak sepasang suami istri sedang sibuk. Mereka terlihat mempersiapkan beberapa pakaian, perlatan mandi dan beberapa peralatan potong rambut. Sang suami bernama Sukaryo Adi Putra (43) tersebut, merupakan pemilik akun Youtube Sinau Hurip yang kontennya itu tentang belajar hidup dari kehidupan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) jalanan.

Setelah berkemas, pria yang akrab disapa Adi itu, bersama istrinya berangkat keliling menggunakan sepeda motor mencari ODGJ jalanan. Dengan kecepatan 60 kilometer per jam, terlihat motor yang dikendarai Adi menuju ke Kabupaten Pati. Memasuki Jalan DR Susanto, Kampung Kaborongan, Kelurahan Pati Lor, Kecamatan Pati, Kabupaten Pati, laju motor mulai pelan.

Sukaryo Adi Putra bersama salah satu ODGJ. Foto: Rabu Sipan

Baca juga : Kisah Agus Salim, Abdikan Hidup Merehabilitasi ODGJ di Yayasan Jalma Sehat

Saat berada di depan kios pertokoan, motor Adi berhenti dan diparkirkan. Tidak jauh dari motor terparkir, tampak ODGJ jalanan berjenis kelamin pria, berambut panjang agak gimbal, pakaian lusuh sedang tiduran di emper toko. Setelah mempersiapkan peralatan syuting untuk Channel Sinau Hurip, Adi pun mulai membuat narasi pembukaan dan dilanjut mendekati pria ODGJ jalanan tersebut.

“Saya harus ngobrol dulu sama dia (ODGJ). Semoga dia mau diajak ngobrol dan tidak merasa terganggu,” Ujar Adi, kemudian ia bergegas melangkah mendekati ODGJ dan langsung mengajak ngobrol.

Terlihat tanpa canggung dan risih, ia mengakrabkan diri dengan pria ODGJ jalanan tersebut. ODGJ itu ditanya namanya, dan mengaku bernama Wayan. Setelah mengetahui namanya, Adi pun mengajak ngobrol, berusaha mencari tahu Wayan itu berasal dari mana. Namun, Wayan sang ODGJ itu tidak menjawab. Setelah obrolan berlangsung setengah jam, Adi pun membujuk Wayan agar bersedia dipotong rambutnya. Setelah rapi, Wayan si ODGJ jalanan itu ditawari mandi, dan dijawab anggukan kepala.

“Dia mau dimandikan, kebetulan ini ada warga sini yang mengizinkan kamar mandinya untuk dijadikan tempat mandi Wayan,” tandasnya kepada betanews.id, Senin (19/10/2020).

Sesampai di kamar mandi yang diketahui milik warga bernama Indah tersebut, Adi dengan telaten memandikan Wayan si ODGJ jalanan. Terlihat Adi menyampo rambut Wayan hingga empat kali, serta menyabuni badannya hingga tiga kali. Setelah bersih, Wayan kemudian diberi pakaian baru oleh Adi.

Seusai memandikan Wayan, Adi pun sudi berbagi penjelasan tentang kegiatannya yang selalu mencari ODGJ jalanan. Dia mengatakan, tujuan utama mencari ODGJ jalanan adalah untuk memanusiakan manusia. Sebab selama ini tuturnya, para ODGJ itu dijauhi masyarakat. Masyarakat pun terkadang terlihat jijik dengan keberadaan meraka.

Oleh sebab itu, dia bersama istrinya sejak tahun 2007, di sela kesibukannya mencari para ODGJ jalanan untuk sekadar mengajak ngobrol dan memberi mereka makan. “Tapi dulu itu kami belum paham tentang Youtube ya. Jadi kegiatan itu tidak kami rekam,” ujar pria yang sudah dikaruniai tiga anak itu.

Baca juga : Melihat Keseruan Anak Berkebutuhan Khusus Membatik di Muria Batik Kudus

Dia mengatakan, mulai merekam kegiatannya bersama ODGJ jalanan dan menguplaudnya ke media sosial termasuk Yuotube itu sejak Bulan Maret 2020. Ia bersyukur, ternyata dengan media Youtube ada manfaat lebih. Kalau dulu hanya sebatas ngobrol dan memberi makan para ODGJ jalanan, sekarang lewat Youtube, ia juga bisa membantu mempertemukan para ODGJ jalanan dengan keluarga mereka.

“Alhamdulillah dengan channel Youtube kami yakni Sinau Hurip, kami sudah banyak mempertemukan ODGJ jalanan dengan keluarganya. Semoga ke depan bisa lebih banyak lagi. Mereka ODGJ jalanan juga manusia dan tentunya sebenarnya juga punya keluarga,” tutupnya.

Editor : Kholistiono

Tinggalkan Balasan

27,184FansSuka
13,973PengikutMengikuti
4,306PengikutMengikuti
23,029PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler

UMK Eks Karesidenan Pati, Rembang Terendah Kudus Tertinggi

BETANEWS.ID, MAGELANG - Upah Minimum Kabupaten (UMK) di 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah mengalami kenaikan dibandingkan tahun 2020. Kenaikannya bervariasi mulai dari...

Awalnya Hanya Hobi Ternak Ikan Guppy, Gankzoe’s Malah Mampu Ekspor

BETANEWS.ID, KUDUS - Di ruangan sebuah rumah yang berada di RT 8 RT 3 Gang Sendrong, Desa Getas Pejaten, Kecamatan Jati, Kabupaten...

Pesona Pasir Putih Pantai Blebak Jepara yang Begitu Memikat

BETANEWS.ID, JEPARA – Semilir angin dari barisan pohon pinus menemani beberapa anak kecil bermain air di Pantai Blebak, Rabu (28/10/2020). Di bawah...

Perabotan Berbahan Kaca dan Alumunium di Tri Jaya Glass Ada Garansi 1 Tahun

BETANEWS.ID, KUDUS - Di tepi Jalan Kudus-Purwodadi, Desa Undaan Lor, Gang 5, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus, tampak beberapa orang sedang beraktivitas di...

Jembatan di Desa Kayen Pati Ambruk Diterjang Banjir

BETANEWS.ID, PATI - Siang itu, Selasa (24/11/2020) di Dukuh Carikan, RT 4 RW 3, Desa/Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati terlihat banyak warga yang...

Masa Depannya Buram Saat Kerja di Pabrik, Wahyu Kini Sukses Jualan Ban Motor

BETANEWS.ID, KUDUS - Di dalam sebuah bangunan yang berada di tepi Jalan Cipto Kusumo, Desa Loram Wetan, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, tampak...

Setiap Hari Ratusan Orang Menikmati Sedapnya Nasi Gandul Pak Harjo yang Legendaris

BETANEWS.ID, PATI - Di tepi Jalan Diponegoro, Desa Puri, Kecamatan Pati, Kabupaten Pati, terlihat sebuah warung makan yang ramai  pengunjung. Beberapa orang...