31 C
Kudus
Rabu, Juni 19, 2024

Ahli Waris Pasien Meninggal Akibat Covid-19 Dapat Santunan Rp 15 Juta

BETANEWS.ID, KUDUS – Direktorat Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementrian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia akan memberikan santunan kepada pasien yang meninggal karena Covid-19. Santunan yang diberikan yakni sejumlah Rp 15 juta.

Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Bencana (Dinsos P3AP2KB) Kabupaten Kudus Mundir menuturkan, pihaknya akan membantu fasilitasi pendaftaran bagi keluarga yang akan mengakses program tersebut. Menurutnya, bagi keluarga yang anggota keluarganya ada yang meninggal karena Covid-19, pihaknya mempersilakan untuk mengklaim santunan tersebut.

Baca juga : Kapasitas RS Covid-19 di Jateng Terisi 40,5 Persen, tapi Ganjar Ingin Mengosongkannya

-Advertisement-

“Jadi kami hanya memfasilitasi untuk pangajuannya ke pemprov. Bukan ikut turut mencairkan bantuannya,” tuturnya, Sabtu (12/9/2020).

Mundir menjelaskan, program penanganan perlindungan sosial bagi korban meninggal dunia akibat Covid-19, diketahui dari surat pemberitahuan Gubernur Jawa Tengah tertanggal 28 Agustus 2020. Dalam surat pemberitahuan tersebut, terdapat sembilan persyaratan untuk mendapatkan santunan Rp 15 juta.

Yakni pemohon melampirkan fotokopi KTP dan Kartu Keluarga serta fotokopi surat keterangan meninggal dari rumah sakit. Selanjutnya, juga melampirkan fotokopi surat keterangan hasil pemeriksaan yang menyatakan positif Covid-19.

Selain itu, pemohon juga melampirkan surat keterangan domisili dan surat keterangan ahli waris yang dikeluarkan pemerintah desa. Selanjutnya, foto korban meninggal dan fotokopi buku tabungan dan rekening ahli waris.

Mundir sekali lagi menegaskan, program tersebut bukanlah program dari Dinas Sosial Kabupaten Kudus, melainkan dari Kemensos RI melalui Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah. Nantinya pihaknya akan membantu mendata pemohon santunan, dan akan dikirimkan ke Dinas Sosial Jawa Tengah.

“Sekali lagi kami hanya sekedar memfasilitasi. Jadi kalau ditanya kapan cair, kami tidak tahu,” tuturnya.

Baca juga : Pelanggar Masih Tinggi, Razia Masker Diperluas Sampai ke Desa-Desa

Hingga saat ini, pihaknya masih terus melakukan sosialisasi kepada para camat agar segera diteruskan ke kepala desa di wilayahnya masing-masing.

Sementara itu, dalam perkembangan kasus Covid-19 di Kabupaten Kudus, per tanggal 12 September 2020 terdapat 1.303 kasus di dalam wilayah. Dari jumlah tersebut, kasus kematian akibat Covid-19 mencapai 177 orang. Sedangkan yang masih dirawat sejumlah 64 orang, isolasi mandiri 150 orang dan sembuh sejumlah 912 orang.

Editor : Kholistiono

Imam Arwindra
Imam Arwindrahttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sejak awal ikut terlibat dalam pembentukan Seputarkudus.com, cikal bakal Betanews.id.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
139,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER