31 C
Kudus
Senin, Agustus 10, 2020
Beranda Jateng 15 Ribu Warga...

15 Ribu Warga Miskin di Jateng Dapat Listrik Gratis

BETANEWS.ID, SEMARANG – 15 ribu warga miskin di Jawa Tengah mendapatkan bantuan sambungan listrik gratis dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng. Sumbangan dengan total nilai Rp 16,3 miliar rupiah itu sebagai upaya untuk menggenjot perekonomian masyarakat yang terpuruk karena Covid 19.

Kepala Dinas ESDM Jateng Sujarwanto Dwiatmoko mengatakan, program ini dilaksanakan di berbagai daerah di Jawa Tengah. Di antaranya Kabupaten Pati, Kudus, Jepara,  Grobogan, Rembang, Blora, Klaten, Magelang, Boyolali, Kendal, Demak, dan Kota Semarang.

Warga miskin yang memperoleh sambungan listrik gratis dari Pemprov Jateng. Foto: Ist.

Saat ini, progres pekerjaan mencapai 43,76 persen, atau terpasang 6.564 unit dari target 15 ribu unit. Di Demak misalnya, target pemasangan listriknya ada di 544 titik dengan jumlah yang sudah terinstal 322 titik. Di Kota Semarang targetnya enam titik, dan Kendal targetnya 250 titik.

“Pelaksanaan pekerjaan pemasangan sambungan listrik telah berjalan dengan anggaran APBD Pemprov Jateng tahun 2020,” katanya, Kamis (30/7/2020).

Baca juga: Ganjar Siapkan Lapangan Kerja untuk Atasi Kemiskinan Saat Pandemi

Sudjarwanto berharap, program ini tidak sekadar membuat rumah-rumah warga menjadi terang. Namun, juga berefek pada peningkatan produktifitas hingga meningkatnya kesejahteraan keluarga. Misalnya dengan melakukan aktivitas pekerjaan tambahan di dalam rumah, seperti menjahit, membuat kerajinan, kuliner, dan sebagainya.

“Statemen mereka, pak, kalau begitu kami malam masih bisa kerja lagi. Karena ada listrik ini. Nah inilah yang membuat kita bahagia,” imbuhnya.

Sujarwanto mengidentifikasi, sebagian warga penerima bansos pemasangan listrik ini merupakan warga yang sebelumnya punya sambungan listrik ikut tetangganya. Sehingga tidak bisa untuk pemakaian listrik yang tinggi seperti penggunaan alat elektonik yang lama.

“Ini (pemasangan listrik ini) memang sangat menolong masyarakat,” ucapnya.

Baca juga: Gelontorkan Bankeu Rp 2,23 Triliun, Ganjar Minta Pengangguran Dikasih Kerjaan

Selain sambungan listrik, Dinas ESDM juga membrikan bantuan sosial kepada 16 kelompok masyarakat. Berupa 13 paket sumur bor dan tower air, 1 unit Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH), 1 unit revitalisasi PLTMH, serta 1 unit pompa air tenaga surya.

Kemudian bantuan hibah kepada 42 kelompok masyarakat/kelompok tani. Berupa 1 unit demplot instalasi perpipaan gas rawa serta 45 unit demplot biogas.

Editor: Ahmad Muhlisin

Ahmad Muhlisin
Ahmad Muhlisinhttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sebelumnya telah lama menjadi reporter dan editor di sejumlah media.

Karir Beta Media

Kami menantang kalian untuk bergabung di Tim Beta Media. Sebagai Media baru kami butuh talenta muda yang suka tantangan.

Tinggalkan Balasan

25,139FansSuka
13,322PengikutMengikuti
4,304PengikutMengikuti
15,292PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler

Lestarikan Peninggalan Sunan Muria dengan Bertani Parijoto, Suwono Bisa Panen 50 Kg Sehari

BETANEWS.ID, KUDUS - Pagi itu dengan mengendarai motor matik, melalui jalur ekstrem yang berliku berupa tanah liat, serta udara yang sejuk mengiringi...

Menengok Peternakan Sapi Brangus Kudus yang jadi Langganan Artis Ibu Kota

BETANEWS.ID, KUDUS – Seorang perempuan tampak sedang menyemprot beberapa sapi berukuran besar di sebuah kandang yang berada di pinggir sawah yang ada...

Yan Laksmana Terpilih Jadi Direktur Teknik PDAM Kudus

BETANEWS.ID, KUDUS – Yan Laksmana terpilih menjadi Direktur Teknik (Dirtek) Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kudus. Dia menyisihkan dua peserta yang mengikuti...

Ingin Cepat Selesaikan Skripsi, Isna Senang Perpusda Kudus Kembali Dibuka

BETANEWS.ID, KUDUS - Seorang perempuan tampak sedang memilih buku di perpustakaan yang berada di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kudus. Sambil memegang...

Punya Usaha Makanan? Ini Cara Mengurus Izin PIRT di Kudus

BETANEWS.ID, KUDUS - Sejumlah orang mengenakan baju putih terlihat di ruang Klinik Pelayanan Perizinan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu...

Mana yang Lebih Sehat, Minum Jus atau Makan Buah dan Sayur Langsung?

Inneke Hantoro Dosen Teknologi Pangan, Unika Soegijapranata Di...

Soal Pasien Covid Memaksa Pulang, Hartopo: ‘Ini Kejahatan yang Luar Biasa’

BETANEWS.ID, KUDUS - Sebanyak 13 pasien terkonfirmasi positif Covid-19, Rabu (29/7/2020) malam memaksa pulang ke rumah. Mereka yang seharusnya masih harus menjalani...