31 C
Kudus
Senin, Agustus 10, 2020
Beranda Pendidikan Sekolah Daring Bikin...

Sekolah Daring Bikin Orang Tua Emosi, Hartopo Kaji Belajar Tatap Muka

BETANEWS.ID, KUDUS – Orang tua siswa di Kabupaten Kudus mulai mengeluhkan pembelajaran jarak jauh secara daring. Mereka merasa kewalahan mendampingi anaknya dalam proses belajar. Hal tersebut disampaikan Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB) DPRD Kudus Ali Ikhsan saat Sidang Paripurna di kantor DPRD Kudus, Selasa (28/7/2020).

Akibatnya, banyak dari mereka melampiaskan emosi dengan memarahi anaknya. Bahkan kata Ikhsan, ini juga memicu pertengkaran di rumah tangga. “Sang suami juga kena imbasnya. Suami ikut dimarahi,” beber Ikhsan.

Ketua Fraksi PKB saat ditemui usai sidang paripurna di DPRD Kudus, Selasa (28/7/2020). Foto: Imam Arwindra.

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus harus segera mencari solusi terkait masalah tersebut. Jangan sampai nantinya di Kudus akan terjadi degradasi moral di kalangan pelajar.

“Ini harus segera disikapi. Di Kudus jangan sampai ada darurat moral pelajar,” jelasnya.

Baca juga: Hari Pertama Sekolah, Siswa Baru SMPN 3 Kudus Lalui Sejumlah Protokol Kesehatan

Lebih jauh, Ikhsan meminta agar Pemkab Kudus segera membuat aturan terkait pelaksanaan pembelajaran langsung di sekolah. Tentunya dengan penerapan protokol kesehatan Covid-19.

“Dengan semangat kenormalan baru. Sistem pendidikan di Indonesia akan bangkit,” kata Ikhsan.

Menanggapi itu, Plt Bupati Kudus HM Hartopo mengaku sependapat dengan usulan Ikhsan. Namun, saat ini pihaknya masih belum bisa menerapkan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka.

“Kondisi seperti ini, ibaratnya maju kena mundur kena,” tuturnya.

Hartopo menuturkan, jika memungkinkan, pihaknya akan melaksanakan sistem pembelajaran tatap muka secara shift, yakni dilakukan pagi dan sore. Nantinya, orang tua siswa harus mendampingi anaknya saat berangkat dan pulang sekolah, terutama untuk siswa SD dan SMP.

“Misalkan satu kelas ada 30 siswa. Nanti 15 pagi dan sisanya sore,” jelasnya.

Baca juga: Besok Mulai Tahun Ajaran Baru, Sekolah di Kudus Belum Diizinkan Gelar KBM Tatap Muka

Namun, usulan tersebut masih harus dikaji lebih mendalam, dengan memperhitungkan penerapan protokol kesehatan di sekolah. Termasuk peran Tim Satuan Tugas (Satgas) yang akan melakukan pengecekan mengenai kesiapan protokol kesehatan di sekolah. “Kita masih harus mengkajinya,” tuturnya.

Saat ini, Hartopo sudah memperbolehkan ujian dilakukan dengan tatap muka. Agar saat ujian berlangsung, siswa bisa fokus dan hasil yang diperoleh karena usahanya sendiri.

“Nanti kalau di rumah (daring) bisa orang lain yang mengerjakan,” tandas Hartopo.

Editor: Ahmad Muhlisin

Imam Arwindra
Imam Arwindrahttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sejak awal ikut terlibat dalam pembentukan Seputarkudus.com, cikal bakal Betanews.id.

Karir Beta Media

Kami menantang kalian untuk bergabung di Tim Beta Media. Sebagai Media baru kami butuh talenta muda yang suka tantangan.

Tinggalkan Balasan

25,138FansSuka
13,322PengikutMengikuti
4,304PengikutMengikuti
15,292PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler

Lestarikan Peninggalan Sunan Muria dengan Bertani Parijoto, Suwono Bisa Panen 50 Kg Sehari

BETANEWS.ID, KUDUS - Pagi itu dengan mengendarai motor matik, melalui jalur ekstrem yang berliku berupa tanah liat, serta udara yang sejuk mengiringi...

Menengok Peternakan Sapi Brangus Kudus yang jadi Langganan Artis Ibu Kota

BETANEWS.ID, KUDUS – Seorang perempuan tampak sedang menyemprot beberapa sapi berukuran besar di sebuah kandang yang berada di pinggir sawah yang ada...

Yan Laksmana Terpilih Jadi Direktur Teknik PDAM Kudus

BETANEWS.ID, KUDUS – Yan Laksmana terpilih menjadi Direktur Teknik (Dirtek) Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kudus. Dia menyisihkan dua peserta yang mengikuti...

Ingin Cepat Selesaikan Skripsi, Isna Senang Perpusda Kudus Kembali Dibuka

BETANEWS.ID, KUDUS - Seorang perempuan tampak sedang memilih buku di perpustakaan yang berada di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kudus. Sambil memegang...

Punya Usaha Makanan? Ini Cara Mengurus Izin PIRT di Kudus

BETANEWS.ID, KUDUS - Sejumlah orang mengenakan baju putih terlihat di ruang Klinik Pelayanan Perizinan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu...

Mana yang Lebih Sehat, Minum Jus atau Makan Buah dan Sayur Langsung?

Inneke Hantoro Dosen Teknologi Pangan, Unika Soegijapranata Di...

Soal Pasien Covid Memaksa Pulang, Hartopo: ‘Ini Kejahatan yang Luar Biasa’

BETANEWS.ID, KUDUS - Sebanyak 13 pasien terkonfirmasi positif Covid-19, Rabu (29/7/2020) malam memaksa pulang ke rumah. Mereka yang seharusnya masih harus menjalani...