31 C
Kudus
Senin, Agustus 10, 2020
Beranda Kudus Dipanggil Jadi Saksi...

Dipanggil Jadi Saksi Kasus PDAM, Plt Bupati Kudus Dicecar 23 Pertanyaan

BETANEWS.ID, KUDUS – Plt Bupati Kudus HM Hartopo dan Sekda Kudus Sam’ani Intakoris diperiksa menjadi saksi atas kasus dugaan suap pengangkatan dan penerimaan pegawai di lingkungan PDAM Kudus. Keduanya diperiksa di Kantor Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Tengah pada Senin (27/7/2020) kemarin.

Saat ditemui selepas Sidang Paripurna di Kantor DPRD Kudus, Selasa (28/7/2020), Hartopo mengaku diberi 23 pertanyaan. Menurutnya, pertanyaan dari penyidik Kejati sering dijawab dengan kalimat tidak tahu. “Ada 23 pertanyaan, tapi kebanyakan saya menjawab tidak tahu,” tuturnya.

Menurutnya, pertanyaan yang diajukan penyidik seputar pengangkatan Direktur PDAM Kudus Ayatullah Humaini. “Cuma seputar itu saja. Tidak ada yang lain,” jelasnya.

Baca juga : Hartopo Bantah Terlibat Kasus Dugaan Jual Beli Jabatan PDAM Kudus

Hartopo menjelaskan, dalam proses seleksi Direktur PDAM, dirinya hanya bertugas melakukan interview saja. Sementara, untuk menentukan dan melantik, menurutnya dilakukan oleh Bupati Kudus non aktif Muhammad Tamzil.

“Saat itu saya diberi tugas untuk menginterview saja. Untuk pansel (panitia seleksi) Sekda yang melakukan,” tuturnya.

Menurut Hartopo, pihaknya merencakan akan membuat zona integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK) atau Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) melalui reformasi birokrasi di perusahaan daerah. Dengan dibuatnya zona integritas Hartopo berharap kualitas dan citra di PDAM Kudus kembali membaik.

Menurut Asisten Tindak Pidana Khusus (Aspidsus) Kejati Jateng Ketut Sumedana, pihaknya memanggil empat orang saksi. Di antaranya Plt Bupati dan Sekda Kudus terkait perkara tersebut.

“Yang kami tanyakan adalah mengenai administrasi pengangkatan yang bersangkutan (Direktur PDAM Kudus),” tuturnya.

Baca juga : Ini Peran Direktur PDAM Kudus Dalam Kasus Dugaan Suap Jual Beli Jabatan

Menurutnya, dalam pengangkatan Direktur PDAM Kudus harus bebas dari tindakan pidana. Sementara, Direktur PDAM Kudus Ayatullah Humaini pernah terjerat dengan kasus serupa.

“Plt Bupati diperiksa terkait pengangkatan direktur. Karena untuk pengangkatan harus bebas dari tindak pidana. Sementara mereka bisa diangkat, itu menjadi bahan pertanyaan bagi kami, meski yang mengangkat bukan Plt tapi bupati yang lama,” jelasnya.

Saat ini, Direktur PDAM Kudus Ayatullah Humaini sudah ditetapkan menjadi tersangka oleh Kejati. Dia ditetapkan tersangka bersama dua orang lainnya Toni Yudiantoro dan Sukma Oni Irwadani.

Editor : Kholistiono

Imam Arwindra
Imam Arwindrahttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sejak awal ikut terlibat dalam pembentukan Seputarkudus.com, cikal bakal Betanews.id.

Karir Beta Media

Kami menantang kalian untuk bergabung di Tim Beta Media. Sebagai Media baru kami butuh talenta muda yang suka tantangan.

Tinggalkan Balasan

25,139FansSuka
13,322PengikutMengikuti
4,304PengikutMengikuti
15,292PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler

Lestarikan Peninggalan Sunan Muria dengan Bertani Parijoto, Suwono Bisa Panen 50 Kg Sehari

BETANEWS.ID, KUDUS - Pagi itu dengan mengendarai motor matik, melalui jalur ekstrem yang berliku berupa tanah liat, serta udara yang sejuk mengiringi...

Menengok Peternakan Sapi Brangus Kudus yang jadi Langganan Artis Ibu Kota

BETANEWS.ID, KUDUS – Seorang perempuan tampak sedang menyemprot beberapa sapi berukuran besar di sebuah kandang yang berada di pinggir sawah yang ada...

Yan Laksmana Terpilih Jadi Direktur Teknik PDAM Kudus

BETANEWS.ID, KUDUS – Yan Laksmana terpilih menjadi Direktur Teknik (Dirtek) Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kudus. Dia menyisihkan dua peserta yang mengikuti...

Ingin Cepat Selesaikan Skripsi, Isna Senang Perpusda Kudus Kembali Dibuka

BETANEWS.ID, KUDUS - Seorang perempuan tampak sedang memilih buku di perpustakaan yang berada di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kudus. Sambil memegang...

Punya Usaha Makanan? Ini Cara Mengurus Izin PIRT di Kudus

BETANEWS.ID, KUDUS - Sejumlah orang mengenakan baju putih terlihat di ruang Klinik Pelayanan Perizinan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu...

Mana yang Lebih Sehat, Minum Jus atau Makan Buah dan Sayur Langsung?

Inneke Hantoro Dosen Teknologi Pangan, Unika Soegijapranata Di...

Soal Pasien Covid Memaksa Pulang, Hartopo: ‘Ini Kejahatan yang Luar Biasa’

BETANEWS.ID, KUDUS - Sebanyak 13 pasien terkonfirmasi positif Covid-19, Rabu (29/7/2020) malam memaksa pulang ke rumah. Mereka yang seharusnya masih harus menjalani...