31 C
Kudus
Senin, Juli 13, 2020
Beranda Wisata Simulasi Selesai, Pembukaan...

Simulasi Selesai, Pembukaan Makam Sunan Muria dan Taman Sardi Tunggu Hasil Evaluasi

BETANEWS.ID, KUDUS – Sejumlah orang tampak berbincang-bincang di Aula Graha Muria Colo, Rabu (17/6/2020). Satu diantara mereka adalah Mutrika (53), Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kudus, yang baru saja mengikuti rapat evaluasi simulasi pembukaan wisata Makam Sunan Muria dan Taman Sardi. Kepada betanews.id, dia sudi berbagi penjelasan tentang hasil rapat tersebut.

Menurutnya, hasil rapat evaluasi itu belum ada keputusan, karena masih menunggu hasil penilaian organisasi perangkat daerah (OPD) yang berhak menilai. Nantinya penilaian itu akan ditindaklanjuti Gugus Tugas Covid-19 untuk memberikan rekomendasi kepada Bupati Kudus.

Mutrika, Kabid Pariwisata pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kudus. Foto : Ahmad Rosyidi

“Jadi ini masih belum tahu hasilnya, kami masih menunggu penilaian OPD. Jadi dari Dinas tidak punya wewenang memutuskan. Nanti dari gugus tugas yang akan memberi rekomendasi, dan bupati yang memiliki kewenangan,” ujarnya.

Baca juga : Sepekan Makam Sunan Muria Dibuka untuk Simulasi, Begini Situasinya

OPD yang akan memberikan penilaian evaluasi di antaranya Forkopimcam, polsek, koramil, Satpol PP dan petugas kesehatan. Penilaian tersebut akan dilaporkan kepada Gugus Tugas Covid-19 dan dilanjutkan rekomendasi kepada Bupati Kudus.

Dalam pembukaan tempat wisata nantinya, para pelaku wisata dan wisatawan harus bersama-sama untuk komitmen menerapkan protokol kesehatan. Wajib menggunkan masker, cuci tangan dan menjaga jarak. Diperlukan kesadaran dari semua pihak untuk menjalankan new normal di tempat wisata.

Ia katakan, selama sepekan simulasi, protokol kesehatan sudah berjalan dengan baik. Meski ada masukan terkait phisical distancing, menurutnya itu hal yang wajar dan menjadi PR bersama.

“Untuk phisical distancing ini memang cukup sulit. Coba kalau mau foto, pasti masih reflek berdekatan. Saat antre juga, kebiasaan untuk berdesakan masih sering terbawa. Jadi ini menjadi PR kita bersama untuk meningkatkan kesadaran masyarakat,” ungkapnya.

Sambil menunggu hasil evaluasi, pihaknya akan melakukan sosialisasi kepada pelaku pariwisata. Sehingga saat dibuka dengan new normal tempat-tempat wisata di Kudus sudah siap. Untuk menyiapkan sarana dan prasarana kesehatan, tempat yang bersih melakukan protokol kesehatan dengan kenormalan yang baru.

Baca juga : Tugu Pete, Ikon Baru Penambah Keelokan Taman Sardi

Sedangkan menurut Mochamad Destari Andryasmoro (38), Kepala Desa Colo, simulasi di sana berjalan dengan baik dan sudah taat peraturan. Dengan adanya simulasi itu, pedagang, tukang ojek maupun pengunjung jadi lebih kondusif.

“Pengunjung lebih nyaman karena lebih tertib. Saya lihat tukang ojek juga lebih tertib, tidak saling berebut. Parkir juga tidak ada masalah, protokol kesehatan semua sudah dijalankan. Saya yakin para wisatawan ingin datang dengan sehat dan pulang juga dengan sehat, jadi sama-sama menjaga,” ungkapnya.

Dia juga berharap, ke depan imbauan menaati protokol kesehatan dengan pengeras suara yang difasilitasi dinas bisa lebih sering diputar. Hal itu agar pelaku wisata dan wisatawan tidak lalai, karena diingatkan terus menerus.

Editor : Kholistiono

Karir Beta Media

Kami menantang kalian untuk bergabung di Tim Beta Media. Sebagai Media baru kami butuh talenta muda yang suka tantangan.

Tinggalkan Balasan

24,765FansSuka
13,322PengikutMengikuti
4,303PengikutMengikuti
13,616PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler

Mobil yang Diduga Digondol Perampok Ada di Tepi Jalan Sejak Pagi

BETANEWS.ID, KUDUS - Satu unit kendaraan Toyota Innova bernomor polisi K-9369-DT menjadi perhatian sejumlah pengendara yang melintas di depan SMPN 1 Jati,...

Pesona Keindahan Alam Bak Raja Ampat, Bukit Puser Angin Diserbu Wisatawan

BETANEWS.ID, KUDUS - Pagi itu Sabtu (11/7/2020) Bukit Puser Angin Kudus ramai pengunjung. Terlihat para pengunjung ada yang datang menggunakan motor, sepeda...

Berjam-Jam Perampok Satroni Rumah di Jalan Ahmad Yani Kudus, Gondol Rp 2 M

BETANEWS.ID, KUDUS - Kawanan perampok menyatroni rumah milik Lim Cahyo Wibowo yang berada di Jalan Jendral Ahmad Yani, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Kota...

Gudang Sepeda Milik Fais, Surganya Spare Part Baru dan Bekas di Kudus

BETANEWS.ID, KUDUS - Puluhan orang datang silih berganti ke gudang onderdil sepeda milik Fais, Selasa (7/7/2020). Mereka terlihat masuk dan kemudian memilah...

Rumah Kemasan Jateng Bikin Tampilan Produk UKM Berkelas Internasional

BETANEWS.ID, SEMARANG – Saat gowes dan melintas di depan gedung yang bertuliskan Rumah Kemasan, di Jl Ki Mangunsarkoro Kota Semarang, Jumat (10/7/2020),...

Jalani Bisnis dari Hobi, Kini Vape Jadi Ladang Rezeki Cukong

BETANEWS.ID, KUDUS - Di tepi utara Jalan Gang Veteran Desa Janggalan, Kecamatan Kota, Kudus tampak bangunan berlantai dua berpintu kaca. Di dalam...

Ganjar Minta Bupati dan Wali Kota Bentuk Gugus Tugas Khusus di Kawasan Industri

BETANEWS.ID, SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta bupati dan wali kota membentuk gugus tugas khusus di kawasan industri. Menurutnya, untuk...