31 C
Kudus
Minggu, Desember 4, 2022
BerandaUMKMKandang Jangkrik Buatan...

Kandang Jangkrik Buatan Ridho Diminati Pelanggan dari Berbagai Kota

BETANEWS.ID, KUDUS – Ribuan partikelboard berbentuk bulat terlihat tertumpuk rapi di teras rumah bercat hijau. Di teras rumah beratap galvalum itu juga terlihat tiga orang sedang proses pembuatan kandang jangkrik. Di antara tiga orang tersebut terlihat kandang jangkrik berbentuk bulat yang mempunyai pelanggan dari 20 kota.

Muhammad Ridho (35) pemilik usaha pembuatan kandang jangkrik itu menuturkan, kandang jangkriknya itu kini sudah diminati banyak orang. Hal itu berbeda, saat awal – awal merintis usahanya tersebut. Menurutnya, untuk memasarkan kandang jangkrik, ia harus keliling ke berbagai kota untuk menawarkan hasil karyanya tersebut.

Proses pembuatan kandang jangkrik. Foto : Rabu Sipan

“Namanya juga merintis, perjuangannya berat. Setiap selesai produksi saya harus keliling ke berbagai kota untuk menawarkan kandang jangkrik,” ujar pria yang akrab disapa Ridho kepada betanews.id, Senin (15/6/2020).

- Ads Banner -

Baca juga : Berawal Ketika Main ke Pasar, Ridho Dapatkan Ide untuk Produksi Kandang Jangkrik  

Pria yang tercatat sebagai warga Desa Demaan, Kecamatan Kota, Kudus itu mengatakan, dengan kegigihannya itu ia pun kini menuai hasilnya. pelanggan kandangnya kini tersebar di berbagai kota. Sekitar ada 20 kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Untuk daerah Jawa Tengah di antaranya, Semarang, Solo, Slaatiga Kendal, Pemalang, Wonosobo, purwokerto dan daerah lainnya.

“Yang banyak itu memang di Jawa Tengah. Kalau yang di Jawa Timur ada empat kota saja yakni, Malang, Tuban, Lumajang, dan Surabaya,” beber pria yang sudah dikaruniai dua orang anak tersebut.

Dia menuturkan, untuk memenuhi permintaan para pelanggannya itu, ia bisa produksi 10 ribu kandang jangkrik dalam sebulan. Untuk harga kandang jangkriknya dibanderol mulai Rp 3 ribu untuk ukuran paling kecil, dan Rp 7 ribu untuk yang paling besar.

“Untuk pengiriman minimal pesanan kandang 2.500 atau lebih. Hal itu agar sesuai dengan ongkos kirim,” ungkap pria yang sebelumnya jadi buruh bangunan tersebut.

Baca juga : Harus Inden untuk Bisa Miliki Sangkar Burung Anggungan Buatan Kinung

Beda dengan dulu, masih ungkap dia, yang hanya produksi kandang berbentuk bulat. Kini ia juga memproduksi kandang berbentuk oval dan kotak. “Selain itu saya juga berinovasi membuat koper burung, glodok murai, glodok kaca, serta glodok setengah lingkaran.

Dia berharap, semoga usaha kandang jangkriknya makin berkembang. Ke depannya semoga bisa punya lahan yang akses jalan masuknya bisa dilewati mobil dan truk. “Soalnya selama ini susah mas, mobil dan truk tidak bisa masuk. Jadi barang datang dan mau ngirim itu harus nglangsir ke jalan raya dulu,” ungkapnya.

Editor : Kholistiono

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler