31 C
Kudus
Selasa, Desember 6, 2022
BerandaKUDUSJadi Tulang Punggung...

Jadi Tulang Punggung Keluarga, Sukinah Terbantu Adanya Bantuan dari Kemensos

BETANEWS.ID, KUDUS – Seorang perempuan tampak keluar dari Kantor Pos Indonesia, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak, Jumat (15/5/2020). Sambil berjalan mendekati kendaraan roda duanya, wanita bernama Sukinah itu berbagi cerita tentang Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial (Kemensos).

Sukinah mengaku terbantu adanya bantuan berupa uang sebesar Rp 600 ribu itu. Menurutnya, bantuan tersebut sangat menolong di tengah kondisi ekonomi yang serba sulit. Apalagi, dia kena pengurangan jam kerja di tempat kerjanya, sehingga penghasilannya turun.

Dua warga Karanganyar Demak saat mengambil bantuan sosial tunai (BST) dari Kemensos di Kantor Pos Karanganyar, Jumat (15/5/2020). Foto: Ahmad Rosyidi.

Keadaan makin sulit, lantaran ia sudah lama menjanda, dan memiliki dua anak yang masih kecil. Sehingga mau tidak mau, ia harus jadi tulang punggung keluarga.

- Ads Banner -

“Anak saya masih kecil-kecil, dan saat ini jam kerja saya mulai dikurangi gara-gara Corona ini. Bantuan uang ini sangat membantu meringankan saya di saat seperti ini,” ungkap warga RT 03 RW 01 Desa Ngemplik Wetan, yang bekerja menjadi buruh rokok di Kudus itu.

Baca juga: 18 Warga Karanganyar Demak Dicoret dari Penerima Bantuan Kemensos

Sama halnya dengan Sukinah, Sudarti (54) juga merasa senang mendapat bantuan. Menurutnya, bantuan tersebut sangat membantu selama ada pandemi Covid-19.

“Ini tadi saya ambil bantuan. Cukup membawa surat undangannya, KTP (Kartu Tanda Penduduk), dan KK (Kartu Keluarga). Ambilnya juga cepat, tidak perlu antre lama,” jelas warga Desa Ngemplik Wetan RT 01 RW 01 itu.

Di sisi lain, Kaur Kesra Desa Ngemplik Wetan Zuri (52) mengatakan, di desanya, bantuan tersebut berjalan sedikit rancu, terutama proses pendistribusiannya. Dari 189 warga Desa Ngemplik Wetan yang mendapat bantuan, 173 warga disalurkan melalui Kantor Pos. Sedangkan 16 warga yang lain melalui rekening BNI dan BRI.

“Jadi proses penyaluran ini menjadi aneh, kok bisa beda-beda. Saya juga kasihan kepada warga yang belum memiliki rekening sesuai bank penyaluran bantuannya. Selain itu, ini yang keluar juga data lama, mungkin lima tahun yang lalu,” terangnya.

Baca juga: Polda Jateng Bagikan Ratusan Sembako di Kudus

Dia juga menjelaskan, proses pengambilan bansos BST dari Kemensos berjalan lancar. Hingga pukul 15.00 WIB, masih ada sekitar 10 warga yang belum mengambil. Dirinya akan menghubungi warga yang belum mengambil agar segera datang.

“Ini lancar, cuma ada satu warga tadi yang diwakilkan tapi tidak bisa. Meski yang mewakilkan ibu kandungnya, tetapi sudah pisah KK, jadi tidak bisa,” tutupnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,337PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler