31 C
Kudus
Rabu, April 1, 2020
Beranda Komunitas Kung Muria Kudus...

Kung Muria Kudus Lepas Ratusan Perkutut Agar Lestari di Alam Bebas

BETANEWS.ID, KUDUS – Suara khas burung perkutut beberapa kali terdengar di belakang Rumah Makan Sari Rejo Desa Ngembalrejo, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus. Masih di tempat yang sama, puluhan sangkar berisi burung tergantung pada batang bambu. Di bawahnya puluhan pria memegang perkutut. Setelah mendapat aba – aba, secara bersamaan burung – burung itu pun mereka lepas. Mereka adalah Komunitas Kung Muria Kudus (KMK) yang melepas seratus burung perkutut agar lestari di alam bebas.

Abdul Rohman, Ketua KMK menuturkan, Kung Muria Kudus merupakan sebuah wadah atau komunitas pecinta perkutut lokal. Saat ini komunitasnya sedang mengadakan latihan bersama atau biasa disebut gantangan. Yang acaranya diawali dengan pelepasan 100 ekor burung perkutut.

“Dengan pelepasan 100 ekor perkutut, kami berharap burung perkutut bisa lestari di alam bebas. Khususnya di Kudus dan daeeah sekitarnya,” ungkap pria yang akrab disapa Ndoro Kakung tersebut.

Baca juga : Harus Inden untuk Bisa Miliki Sangkar Burung Anggungan Buatan Kinung

Ndoro Kakung menuturkan, komunitas Kung Muria Kudus baru pertama kali mengadakan gantangan. Dia berharap, dengan diadakan acara tersebut bisa menjalin silaturahmi antarpecinta perkutut di Kudus maupun daerah sekitarnya.

“Selain untuk ajang silaturahmi, kami berharap pecinta perkutut di Kudus dan daerah sekitarnya kelak makin banyak. Agar bisa menjaga kelestarian budaya yang berkaitan dengan burung perkutut,” jelasnya.

Dia menambahkan, gantangan yang di adakan komunitasnya itu melombakan dua jenis burung perkutut.Yakni burung perkutut lokal alam yang ada di sekitar Gunung Muria dan perkutut lokal hasil budi daya.

Untuk penilaian lanjutnya, tetap pada gacor atau manggungnya. Tapi ini bukan perlombaan. Anggap saja pelatihan bersama untuk melatih mental perkutut.

“Soalnya, terkadang perkutut di rumah itu gacor, tapi pas digantang diam saja. Lha dengan sering diadakan gantangan akan tercipta perkutut lokal yang berkualitas,” ungkapnya.

Baca juga : Sangkar Motif Kejawen Paling Diburu Penghobi Perkutut

Dia bersyukur antusias para pecinta perkutut di Kudus yang ikut gantangan lumayan banyak. Di daftar hadir ada sekitar 95 peserta. Peserta tersebut tidak datang dari Kudus saja melainkan juga dari daerah sekitar, ada yang dari Pati, Demak, dan Jepara.

“Kegiatan ini Insyaallah akan berlanjut. Ke depannya akan kami adakan kontes burung perkutut dan tentu ada piala dan hadiahnya,” ungkap pria yang memelihara 33 ekor perkutut tersebut.

Editor : Kholistiono

Tinggalkan Balasan

20,599FansSuka
13,415PengikutMengikuti
4,309PengikutMengikuti
10,120PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler

1,8 Juta Warga Jateng Akan Terima BLT, Anggaran Rp 1,4 T Sudah Disiapkan

BETANEWS.ID, SEMARANG - Pemerintah Provinsi Jateng telah menyiapkan dana sebesar Rp 1,4 triliun untuk menanggulangi kasus penyebaran virus corona. Dana tersebut akan...

Polisi Kudus Datang, Kerumunan Muda-Mudi Tunggang-Langgang

BETANEWS.ID, KUDUS - Suara sirine dari mobil polisi memecah suasana malam di sekitar GOR Bung Karno Kudus, Sabtu (28/3/2020) malam. Dari pengeras...

Produksi Dupa di Kudus Terdampak Corona

BETANEWS. ID, KUDUS - Aroma dupa tercium di sebuah ruangan berukuran 4,5 x 3 meter di Desa Loram Kulon, RT 01 RW...

Peduli Pencegahan Corona, Pemdes Jepang Adakan Penyemprotan Disinfektan

BETANEWS.ID, KUDUS - Sebuah mobil pick up terlihat melintas di sebuah jalan di Desa Jepang, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus. Terdengar suara dari...

Jokowi ke Gubernur: Tirulah Jateng, Anggarkan Warga Terdampak Corona!

BETANEWS.ID, SEMARANG - Presiden Jako Widodo memerintahkan semua kepala daerah untuk meniru langkah Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dalam mengatasi kasus dan dampak...

Perangi Covid-19, Rumah Warga Ketitang Wetang Kembali Disemprot Disinfektan

BETANEWS.ID, PATI -Wabah Covid-19 kian membuat warga berbondong-bondong mencari langkah-langkah pencegahan awal. Tak terkecuali warga Desa Ketitang Wetan, Kecamatan Batangan, Kabupaten Pati...

Sembilan Jurnalis Pati yang Kontak dengan Mbah Roso Dinyatakan Negatif Covid-19

BETANEWS.ID, PATI – Sembilan wartawan di Kabupaten Pati telah menjalani rapid test, yang diadakan Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Pati di halaman Stadion...