31 C
Kudus
Minggu, November 27, 2022
BerandaKUDUSSebelum Mudik Lebaran,...

Sebelum Mudik Lebaran, Inilah Tips Aman Berkendara Motor yang Perlu Diketahui

SEPUTARKUDUS.COM – Tak lama lagi musim mudik Lebaran segera tiba. Berbagai alat transportasi bisa dipilih sebagai sarana mudik, di antaranya bus, kereta, mobil bahkan sepeda motor. Bagi masyarakat yang akan mudik dari atau menuju Kudus menggunakan sepeda motor, ini beberapa tips aman berkendara yang perlu diketahui.

- Ads Banner -

Agusti Tunggalsih Priyoko (34), Kepala cabang Yamaha Mataram Sakti Kudus, menuturkan, sebelum berkendara sepeda motor untuk mudik, dianjurkan bagi mereka untuk memeriksa kondisi mesin dan pastikan dalam keadaan baik. Bila tidak mengetahui tentang mesin motor, para calon pemudik bisa memeriksakan motornya di bengkel resmi motor yang dimiliki.

“Membawa surat kendaraan, membawa SIM dan STNK adalah hal yang wajib dilakukan bagi pengendara motor selama perjalanan mudik. Karena kejadian tak terduga di jalan sering membutuhkan kedua surat tersebut,” kata pria yang biasa disapa Agusti kepada Seputarkudus.com.

Dia menambahkan, selama berkendara hendaklah memakai perlengkapan pelindung tubuh yang standar. Beberapa perlengkapan di antaranya helm standar dan berkualitas SNI, memakai pelindung dada serta jaket, serta dianjurkan memakai sepatu.

“Dan jangan lupa membawa persiapan  uang tunai. Berkendara motor dengan jarak tempuh yang jauh belum tentu perjalanan akan lancar. Ada kalanya muncul masalah di jalan, yang solusinya mungkin memerlukan uang,” ungkap Agusti.

Hal yang sama juga dikatakan Asyrofi (34), supervisor di CM Jaya Kudus. Kepada Seputarkudus.com, dia mengatakan, selain beberapa hal tersebut, hal yang juga perlu diperhatikan lainnya yakni terkait kondisi fisik pemudik.

Menurutnya, berkendara motor apalagi dengan jarak tempuh jauh, ketika badan tidak fit bisa berakibat fatal. Tidak jarang terjadinya kecelakaan di jalan raya disebabkan oleh faktor kesalahan pengendara motor tersebut.

“Dan hal yang penting juga , jangan membawa barang terlalu berlebihan. Karena hal tersebut bisa merepotkan dan membahayakan bagi dirinya dan pengendara yang lain,” tambahnya.

  

Redaksi
Redaksi
Beta adalah media online yang lahir di era digital. Berita yang disajikan unik, menarik dan inspiratif. Serta dikmas dalam bentuk tilisan, foto dan video.

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,335PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler