31 C
Kudus
Sabtu, Juli 13, 2024

PT Djarum Ngaku Kesulitan Cari Karyawan, Sampai Lakukan Ini

BETANEWS.ID, KUDUS – PT Djarum merupakan salah satu perusahaan rokok terbesar di Indonesia. Dengan pangsa pasar yang luas dan permintaan yang tinggi, ternyata perusahaan yang berbasis di Kabupaten Kudus itu kesulitan mencari pekerja.

Human Resource Development  (HRD) PT Djarum, Yohanes Ariyanto, menyampaikan, saking sulitnya mencari tenaga kerja, terutama di Kabupaten Kudus, pihaknya sampai tak mencantumkan persyaratan lulusan. Bahkan, PT Djarum saat ini melebarkan sayap dengan membangun pabrik di luar Kudus.

“Karena di Kudus mungkin, sudah tidak ada orangnya lagi. Tidak ada batasan lulusan saja, kita masih kesulitan mencari orang, apalagi kalau dibatasi harus lulusan SMA, malah makin sulit. Saat ini kami sampai melebar dengan membangun pabrik di luar daerah untuk bisa melayani permintaan pasar,” bebernya usai kegiatan sosialisasi lowongan kerja di Aula KIHT Kudus, Senin (1/7/2024).

-Advertisement-

Baca juga: Banyak Pengangguran, Orang Kudus Ternyata Pilih-Pilih Kerja dan Minta Gaji Besar

Selain tidak adanya tenaga kerja di Kudus, faktor pencari kerja yang pilih-pilih pekerjaan juga menjadi alasan lain.

Ia mengaku, membutuhkan sebanyak-banyaknya karyawan, mengingat kuota tenaga kerja yang dibutuhkan di perusahaan tersebut masih banyak sekali. Menurutnya, setiap sepekan pihaknya melakukan penerimaan pekerja baru.

“Untuk keahlihan khusus tidak ada. Kita terbuka lebar bagi yang mau bekerja, dan kami ajari sampai bisa yang terpenting karyawati mau diajari. Dari luar kota juga bisa,” tuturnya.

Baca juga: Pemkab Kudus Ajak Perusahaan Ikut Bantu Kurangi Pengangguran

Ari menuturkan, kebutuhan tenaga kerja yang dicari, adalah seorang wanita yang bekerja dengan sistem borong di bagian giling rokok. Hal itu dikarenakan kebutuhan pasar Sigaret Kretek tangan (SKT) yang saat ini meningkat secara drastis.

“Kita butuhnya wanita untuk dikerjakan di bagian giling, karena dari dulu semua pekerja adalah wanita. Mungkin ketelatenan yang ada dalam diri seorang wanita menjadi alasan juga,” imbuhnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER