31 C
Kudus
Kamis, Juli 18, 2024

Pemkab Kudus Lakukan Lelang Jabatan Jelang Pilkada, Masan: ‘Bisa Jadi Teror ASN’

BETANEWS.ID, KUDUS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus menggelar lelang jabatan kepala dinas di tiga Organisasi Perangkat Daerah (OPD) jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Tersebar rumor, ada permainan dalam pengisian jabatan tersebut dan bahkan hasil siapa yang akan menjabat kepala dinas sudah ditentukan sebelumnya.

Menanggapi rumor tersebut, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kudus, Masan menyampaikan, apabila itu benar tentu sangat disayangkan. Pasalnya, Penjabat (Pj) Bupati Kudus sudah menyatakan bahwa pengisian jabatan kepala dinas di tiga OPD tak ada permainan dan dilaksanakan secara fair.

“Kalau memang fair, walaupun pengisian jabatan kepala OPD itu haknya bupati, berarti yang ranking 1 nanti yang ditunjuk,” ujar Masan di gedung DPRD Kudus, Senin (1/7/2024).

-Advertisement-

Baca juga: Digelar Jelang Pilkada, Lelang Jabatan 3 Kepala Dinas Pemkab Kudus Banjir Pendaftar

Masan juga menanyakan urgensi pengisian jabatan kepala dinas di tiga OPD tersebut. Sebab, ada intruksi dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) bahwa Pj tak diperbolehkan untuk melakukan mutasi dan seleksi terbuka (Selter) jabatan tinggi pratama.

“Boleh melakukan mutasi dan selter jabatan, kecuali ada izin. Ini, kan, pengecualian. Artinya ketika pengecualian itu ada hal-hal yang khusus,” tegasnya.

Sebab, Masan melihat pengisian jabatan kepala dinas bukanlah sesuatu yang mendesak. Sebab, jabatan yang kosong itu bisa diisi dengan Pelaksana Tugas (Plt) kepala dinas.

“Kami belum coba telusuri secara detail, mendesaknya itu di mana. Jika berbicara kinerja, kami melihat yang ada kepala OPDnya saja kegiatan banyak yang tidak jalan, yang tak ada kepala OPD serapannya cukup bagus juga ada,” beber dia.

Baca juga: Banyak Pengangguran, Orang Kudus Ternyata Pilih-Pilih Kerja dan Minta Gaji Besar

Menurut Masan, pemilihan waktu itu juga bisa jadi teror bagi Aparatur Sipil Negara (ASN). Sebab, mereka tetap punya hak pilih tapi tetap dituntut untuk menjaga netralitasnya.

“Jadi jangan sampai adanya selter dan rencana mutasi jabatan ini menjadi teror bagi para ASN untuk dikendalikan ke salah satu calon bupati dan wakil bupati,” imbuh Masan.

Sebagai informasi, saat ini Pemkab Kudus sedang melaksanakan lelang jabatan Kepala dinas di tiga OPD yaitu Dinas Perdagangan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda).

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER