31 C
Kudus
Selasa, Juli 16, 2024

Ngaku Hanya Sebagai Pengantar, Warga Pati Dapat Upah Rp1 Juta dari Setiap Motor Bodong

BETANEWS.ID,PATI – Satreskrim Polresta Pati berhasil menggagalkan pengiriman belasan sepeda motor bodong atau tanpa dokumen lengkap ke wilayah Kalimantan. Motor dengan berbagai jenis itu, dimuat di atas truk yang siap untuk dikirim ke luar Jawa.

Selain satu unit truk dan 17 sepeda motor yang diamankan, polisi juga mengamankan satu tersangka AM (28). Yang bersangkutan merupakan sopir truk dan tercatat sebagai warga Desa Tanjungsari, Kecamatan Tlogowungu, Pati.

Baca Juga: Polisi Gagalkan Truk Bermuatan Belasan Motor Bodong di Pati yang Akan Dikirim ke Luar Jawa

-Advertisement-

Kasat Reskrim Polresta Pati, Kompol M Alfan Armin mengatakan, bahwa penangkapan tersangka ini berada di Desa Tanjungsari. Yakni, ketika truk yang mengangkut belasan motor bodong itu terparkir di area rumah tersangka.

“Kronologi penangkapan ini bermula ketika Polresta Pati mendapat informasi adanya kendaraan di dalam truk yang terparkir di Desa Tanjungsari. Kemudian, setelah dilakukan pengecekan, ditemukan 17 kendaraan roda dua yang tanpa surat. Kemudian kami langsung mengamankan truk tersebut beserta belasan sepeda motor yang dimuat, ” ujar Kasat, Kamis (11/7/2024).

Kompol Alfan menyebut, berdasarkan keterangan tersangka, yaitu AM, bahwa yang bersangkutan ini hanya sebagai pengantar. Sedangkan sepeda motor tersebut, didapatkannya dari luar Pati.

Untuk satu unit sepeda motor, katanya, AM mendapatkan upah Rp 1 juta setiap pengantaran.

Ketika ditanya apakah tersangka merupakan penadah atau bukan, Kasat menyebut, pihaknya masih melakukan pendalaman dan penyelidikan.

“Pengakuan AM, dia hanya sebagai pengantar saja, ” ucapnya.

Kemudian, terkait kemungkinan bahwa tersangka merupakan sindikat yang terkait kasus motor yang dikirim ke Timor Leste beberapa waktu lalu, pihaknya juga mengaku masih melakukan pengembangan.

Kasat juga menyebut, berdasarkan keterangan dari AM, bahwa belasan sepeda motor yang dimuat itu diambil dirinya beberapa hari sebelumnya dari luar Pati secara bertahap.

Baca Juga: Soal KK Palsu di PPDB Pati, Ombudsman Jateng Minta Pihak yang Dirugikan Melapor

“Truk yang mengangkut sepeda motor itu berada di Tanjungsari, karena memang sopirnya ini menunggu waktu keberangkatan,” ucapnya.

Sehingga, sambil menunggu keberangkatan tersebut, truk yang bermuatan kendaraan bodong itu diparkir dulu di sekitar area rumah sopir truk atau AM.

Editor: Haikal Rosyada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER