31 C
Kudus
Rabu, Juli 24, 2024

Jelang Suro, Pemdes Rahtawu Siapkan Pengawalan Keamananan Bagi Pertapa

BETANEWS.ID, KUDUS – Menjelang satu Suro, Pemerintah Desa (Pemdes) Rahtawu, Kecamatan Gebog, Kudus mulai mempersiapkan keamanan bagi pertapa yang akan melakukan ritual.

Kepala Desa Rahtawu, Rasmadi Didik Ariyadi mengatakan, desa sudah membentuk panitia sebagai penanggung jawab bagi pengunjung di even suronan.

Baca Juga: Kondisi Terkini Rumput Stadion Wergu Wetan Setelah 2 Pekan Dipupuk

-Advertisement-

“Kalau untuk kegiatan suronan tidak ada. Tapi kami sudah mulai memastikan untuk memberikan keamanan dan kenyamanan saat even suronan akan berlangsung. Ini kami lakukan mulai kemarin (4/7/2024),” katanya melalui sambungan telepon, Jumat (5/7/2024).

Ia menjelaskan, ada beberapa tempat yang menjadi tujuan ritual, yaitu pertapaan Eyang Sakri, Abiyoso, Pandu Dewonoto, Lukojoyo, Saloko, Puntodewo, Semar, dan masih banyak tempat lainnya.

“Tapi yang biasanya paling banyak dikunjungi adalah tiga tempat yaitu, di pertapaan Eyang Sakri, Eyang Abiyoso, dan Eyang Pandu Dewonoto,” ujarnya.

Di tahun ini, dia menargetkan pengunjung atau khususnya pertapa yang datang ke Desa Rahtawu untuk melakukan ritual di bulan Suro, sebanyak 30 ribu orang. Tentu target yang diterapkan menurun dibanding tahun lalu yang mencapai 40 ribu orang.

“Sesuai hasil rapat, kami menargetkan kurang lebih 30 ribu pengunjung selama 14 hari. Target ini menurun, karena di Rahtawu kan sudah merata ya, tidak hanya even suronan saja. Tapi hati-hati biasa sekarang juga sudah banyak yang berkunjung ke sini,” tuturnya.

Baca Juga: Disdikpora Kudus: ‘Peretasan PDN Tak Berimbas pada PPDB Online’

Mengingat, saat ini masuk dalam liburan sekolah, yang mana lokasi dengan keindahan alami Pegunungan Muria itu banyak pengunjung yang berliburan di sana.

“Dulu semua orang ingin ke Rahtawu itu kan karena puncaknya kan di satu Suro. Kalau sekarang kan setiap hari, jadi menghindari di saat-saat ritual. Kalau dulu jadi satu semua. Kalau saat ini pengunjung kepecah, sehingga merata sekarang. Jadi peningkatan pengunjung di Rahtawu merata, tidak hanya di sektor tempat pertapaan saja,” imbuhnya.

Editor: Haikal Rosyada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER