31 C
Kudus
Jumat, Juli 19, 2024

Disdikpora Kudus: ‘Peretasan PDN Tak Berimbas pada PPDB Online’

BETANEWS.ID, KUDUS – Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Disdikpora) Kudus menyabut jika kasus peretasan Pusat Data Nasional (PDN) tak berimbas pada pelaksanaan PPDB online di Kudus.

Kepala Seksi (Kasi) Kurikulum pada Disdikpora Kabupaten Kudus, Maulana Majid mengatakan, saat peretasan PDN itu server PPDB online yang dilaksanakan 24-27 Juni 2024 tak mengalami masalah. Menurutnya, pelaksana PPDB online untuk SMPN di Kudus berjalan lancar sesuai yang diharapkan.

Baca Juga: 15 Pelamar Kepala Dinas di Pemkab Kudus Lolos Administrasi, Ini Daftarnya

-Advertisement-

“Alhamdulillah untuk peretasan yang terjadi di PDN itu tidak berimbas ke Kabupaten Kudus. Jadi pelaksanaan PPDB di Kudus aman,” bebernya saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Jumat (5/7/2024).

Setalah selesai pelaksanaan PPDB tersebut, nantinya akan ada monitoring dari Kemendikbud untuk mengontrol apakah pelaksanaan PPDB di masing-masing daerah, termasuk di Kabupaten Kudus terlaksana dengan baik atau tidaknya.

Ia menyampaikan, sejauh ini, pihaknya belum menerima laporan terkait pemalsuan data untuk jalur zonasi ataupun pemalsuan sertifikat piagam untuk jalur prestasi. Sebab, hal itu katanya, sudah dilimpahkan langsung ke pihak sekolah. Meski begitu, pihaknya sampai saat ini belum menerima laporan sama sekali dari berbagai sekolah yang ada di Kudus.

Sesuai peraturan, penitipan calon peserta didik (CPD) kepada saudaranya tidak bisa dilakukan. Sebab, dalam aturan baru, perpindahan KK harus memenuhi syarat, yaitu selama satu tahun sebelum pelaksanaan PPDB. Selain itu, perpindahan harus semua anggota keluarga, tanpa bisa dititipkan ke saudara.

“Untuk laporan terkait KK ditolak, resminya belum ada. Karena yang verifikasi dari sekolah sendiri. Jika ada keraguan PPDB, operator sekolah dapat melakukan konfirmasi langsung ke Dinas Dukcapil, karena kami sudah bekerjasama. Jadi sampai saat ini belum ada laporan,” ungkapnya.

Majid menjelaskan, selama pelaksanaan PPDB online khusus SMP di Kabupaten Kudus, ada satu sekolah yang mengajukan perpanjangan atau penambahan pendaftaran bagi siswa. Hal itu lantaran jumlah siswa yang mendaftar belum memenuhi kuota yang dibutuhkan.

“SMPN 3 Bae yang mengajukan penambahan waktu PPDB, jadi dilakukan secara offline. Karena sekolah tersebut jumlah siswanya kurang dari kuota yang dibutuhkan. Hari ini hari terakhir untuk perpanjangan pendaftar di SMPN 3 Bae,dan saat ini belum ada laporan apakah sudah memenuhi target atau tidak,” ujarnya.

Baca Juga: Pembangunan Tol Demak-Tuban di Kudus Mulai 2025, Pembebasan Lahan Tahun Ini

Ia menambahkan, pengumpulan data akan dilakukan mulai pekan depan. Mengingat, daftar ulang sekolah baru dilaksanakan 1-2 Juli 2024. Sehingga saat ini pihaknya belum menerima data siswa tetap dari sekolahan.

“Untuk SD belum bisa karena masih fluktuatif, bisa sampai nanti hingga hari pertama masuk sekolah,” imbuhnya.

Editor: Haikal Rosyada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER