31 C
Kudus
Rabu, Juli 24, 2024

Pembangunan Tol Demak-Tuban di Kudus Mulai 2025, Pembebasan Lahan Tahun Ini

BETANEWS.ID, KUDUS – Ketua Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kudus, Rochim Sutopo, mengungkapkan bahwa pembangunan jalan tol Demak-Tuban di Kudus akan dimulai 2025. Sementara untuk proses pembebasan lahan akan dilaksanakan tahun ini.

Rochim menyampaikan, informasi itu ia dapatkan setelah Komisi C DPRD Kudus berkomunikasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Setelah dari Sayung ke Demak, kemudian ke Kudus. Jadi 2025 nanti itu dimulai pembangunan jalan tol dari Demak ke Kudus,”  ujar Rochim di Hotel @Hom Kudus, belum lama ini.

-Advertisement-

Baca juga: Lahan Tol Demak-Tuban di Kudus Dibebaskan Tahun Ini, Warga 9 Desa Ini Bisa Jadi Sultan

Dia mengaku, beberapa waktu lalu Komisi C DPRD Kudus juga sudah melakukan kunjungan kerja ke Balai Jalan Nasional (BJN). Di sana dijelaskan program nasional terkait jalan tol dan infrastruktur yang lain.

“Progresnya pembangunan tol bisa dibilang mundur. Awalnya pembangunan tol di Kudus akan dilakukan pada 2024, tapi karena ada kendala pembebasan lahan, sehingga pembangunan tol di Kudus akan dimulai 2025,” bebernya.

Sementara untuk pembebasan lahan, lanjut Rochim, dilaksanakan pada 2024. Menurutnya, saat ini pembebasan lahan untuk pembangunan ruas jalan tol Demak-Tuban di Kudus sudah dimulai.

“Di tahun 2024 ini pembebasan lahan jalan tol dilakukan serentak di tiga kabupatan, yakni di Demak, Kudus dan Pati,” ungkapnya.

Baca juga: Jalan Kudus-Purwodadi Mulai Diperbaiki, Anggarannya Capai Rp2,9 M

Sebagai informasi, Tol Demak-Tuban yang melalui Kota Kretek kurang lebih sepanjang 8,3 kilometer, melewati tiga ke kecamatan dan sembilan desa. Di Kecamatan Undaan ada Desa Undaan Lor, Wates, Karangrowo, dan Ngemplak.

Di Kecamatan Mejobo, ada Desa Temulus, Kesambi, dan Jojo. Sementara di Kecamatan Jekulo, ada Desa Bulung Kulon dan Bulung Cangkring.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER