31 C
Kudus
Selasa, Juli 16, 2024

Waduh, PPDB SMA di Pati Diwarnai Temuan Belasan KK yang Terindikasi Palsu

BETANEWS.ID, PATI – Petugas menemukan belasan Kartu Keluarga (KK) yang terindikasi palsu dalam Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA di Kabupaten Pati. Dugaan sementara, para orang tua sengaja memalsukan KK agar anaknya lolos masuk sekolah negeri.

Penemuan KK terindikasi palsu ini terungkap setelah beberapa sekolah melaporkan dokumen persyaratan siswa baru ke Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdikcapil) Kabupaten Pati.

Terkait hal itu, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III Provinsi Jawa Tengah, Deyas Yani Rahmawan, kemudian meminta Disdukcapil Pati untuk mengecek kebenarannya. Deyas mengatakan, setidaknya ada 18 KK calon peserta didik baru yang diduga tidak sesuai dengan data kependudukan.

-Advertisement-

Baca juga: Cegah Kecurangan, Modus Numpang KK untuk Akali Zonasi PPDB Resmi Dilarang

“Terindikasi ada 18 KK, ada SMA 1 Pati dan SMA 1 Juwana,” ujarnya kepada betanews.id lewat pesan singkat, Jumat (28/6/2024). 

Pihaknya saat ini masih menunggu hasil validasi untuk mengecek kesesuaian antara dokumen KK dengan data Disdukcapil Pati. Menurutnya, jika terbukti memalsukan KK maka akan dapat sanksi berupa pembatalan mengikuti seleksi PPDB.

“Setelah validasi terbukti terdapat ketidaksesuaian, akan kita lakukan proses sanksi kepada CPD (calon peserta didik) sesuai ketentuan juknis,” ungkapnya. 

Terpisah, Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan, Disdukcapil Pati, Teguh Endratno, mengatakan, pihaknya siap menerima laporan jika ada indikasi KK palsu, karena data yang benar ada pada pihaknya.

Baca juga: PPDB SMP di Jepara: Wali Murid Pusing Titik Koordinat Rumah Ada yang di Afrika hingga Tengah Laut

“Setelah mengecek database, kita kirim ke Cabang Dinas untuk ditindaklanjuti. Yang menentukan cabang dinas,” katanya.

Adapun jadwal PPDB tingkat SMA mulai 24-27 Juni 2024. Tahapan selanjutnya adalah masa tenang. Sementara pengumuman pada 1 Juli 2024. 

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER