31 C
Kudus
Sabtu, Juni 15, 2024

Sudah Ada Sejak 30 Tahun Lalu, Es Gempol Pleret Mbak Mur Tak Pernah Sepi Pembeli

BETANEWS.ID, KUDUS – Waktu menunjukkan pukul 14.00 WIB, saat beberapa orang terlihat mampir ke warung Es Gempol Pleret Mbak Mur di Jalan Mangga, Gang 4, Panjunan, Kudus. Mereka ada yang menikmati di tempat, tapi banyak juga yang pergi dengan menenteng plastik.

Tak berapa lama, sang penjual, Bil Muhtadin (30), terlihat sedang membereskan dagangannya bersiap untuk pulang karena sudah habis. Namun, di sela-sela kesibukannya beberes, ia bersedia membagi cerita tentang usahanya itu. Pria yang akrab disapa Bil itu mengaku, bahwa usahanya merupakan warisan dari neneknya.

“Kalau usaha ini, ya, sudah ada sejak 30 tahun lebih. Bahkan sebelum saya lahir sudah. Awal mulanya yang memulai jualan nenek, lalu dilanjutkan ibu saya dan sekarang ganti saya,” ungkapnya, Kamis (09/05/2024).

-Advertisement-

Baca juga: Bermodal Coba-Coba, Agus Temukan Resep Es Cokelat yang Memikat Anak-Anak

Bil membeberkan, es gempol yang terbilang legendaris itu tak pernah sepi pembeli. Ia berjualan mulai pukul 9.00 WIB dan selalu habis terjual di siang hari.

Dalam sehari, ia bisa menjual sebanyak 100 porsi yang menghabiskan 600 butir gempol dan pleret. Selain menjual di warung, Bil juga menerima pesanan untuk acara.

“Biasanya sih untuk acara nikahan, pengajian maupun ulang tahun. Selain berjualan es gempol pleret, saya juga menjual nasi bungkus, sate usus, sate keong, dan berbagai macam gorengan,” terangnya.

Baca juga: Menikmati Kesegaran Dawet Mbok Mitro Tanpa Santan yang Harganya Cuma Rp7 Ribu

Bil melanjutkan, bahwa sirop yang digunakan untuk membuat es gempol pleret merupakan buatannya sendiri. Sedangkan bahan gempol pleretnya ia beli.

“Untuk harga saya jual Rp6.000 per porsi. Alhamdulillah hasilnya, ya, cukup lah. Saya bersyukur mendapat warisan usaha ini,” tambah Bil.

Penulis: Nur Maiysya Ayyasy, Mahasiswa Magang Unisnu

Editor: Ahmad Rosyidi

Redaksi
Redaksi
Beta adalah media online yang lahir di era digital. Berita yang disajikan unik, menarik dan inspiratif. Serta dikmas dalam bentuk tilisan, foto dan video.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
139,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER