31 C
Kudus
Jumat, Juli 19, 2024

Satu-satunya Penyedia Kelas Khusus Olahraga, SMPN 3 Kudus Diminati Atlet Cilik

BETANEWS.ID, KUDUS – SMPN 3 Kudus, menjadi satu-satunya sekolah tingkat SMP yang menyediakan kelas khusus olahraga (KKO) di Kabupaten Kudus. Hal itu membuat sekolah tersebut sangat diminati bagi atlet cilik yang ingin mengembangkan bakatnya. Total pendaftar KKO yang dilaksanakan secara luring (offline) itu melonjak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Kepala SMPN 3 Kudus, Sunaryo mengatakan, peminat KKO di sana tahun 2024 mengalami peningkatan secara drastis. Dari kuota yang tersedia ada sebanyak 32 orang, namun calon peserta didik (CPD) yang mendaftar ada sebanyak 141 orang.

Baca Juga: Pemkab Kudus Alokasikan Dana Cukai Rp5,4 M untuk Obat Puskesmas

-Advertisement-

“Tahun ini ada peningkatan secara signifikan dari tahun-tahun lalu. Karena memang di sini (SMPN 3 Kudus) satu-satunya sekolah tingkat SMP yang ada KKO di Kudus. Jadi antusiasme masyarakat memang tinggi mengambil kelas khusus ini,” bebernya saat ditemui di ruangannya, Jumat (28/6/2024).

Dalam pelaksanaan KKO secara offline, katanya, dilakukan jauh sebelum pelaksanaan PPDB reguler dimulai. Sebab, ada beberapa langkah yang diadakan hingga memenuhi Kuta dan syarat yang ada. Menurutnya, CPD harus mengikuti tes keterampilan umum dan tes keterampilan khusus untuk mengisi kuota yang ada.

“Jadi mulai pendaftaran KKO sejak 27 Mei hingga 6 Juni 2024. Kemudian pendaftar akan mengikuti tes keterampilan umum 7 Juni dan tanggal 8-9 Juni 2024 untuk mengikuti tes ketrampilan khusus,” ungkapnya.

Sementara hari ini, baru dilakukan pengumuman serentak antara PPDB dan KKO di SMPN 3 Kudus tersebut. 32 siswa terpilih yang akan dijadikan satu rombongan belajar (rombel) itu, dengan skor tertinggi 382,60 dan terendah 357,90. Kebanyakan yang diterima dari cabang olahraga (cabor) sepakbola.

Baca Juga: Ada Sekolah yang Tak Penuhi Kuota Pelaksanaan PPDB SMP, Disdikpora Kudus: ‘Offline Kami Buka’

“Ada banyak cabor yang dipilih oleh siswa, ada sepakbola, pencak silat, renang, voli, hockey, bulutangkis, tenis meja, renang, atletik. Paling banyak sepakbola ada 16 orang keterima dan keduanya dari cabor bola voli ada tujuh orang,” rincinya.

Ia menuturkan, dengan adanya KKO itu, SMPN 3 Kudus bisa juara umum dalam ajang Popda tingkat Kabupaten 2024 ini. Dengan torehan 29 medali emas, 23 medali perak dan 21 medali perunggu.pihaknya berharap, dengan KKO di SMPN 3 Kudus itu bisa mengharumkan nama sekolah, dan dikemudian hari bisa membawa harum Kudus.

Editor: Haikal Rosyada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER