31 C
Kudus
Kamis, Juli 18, 2024

Ada Sekolah yang Tak Penuhi Kuota Pelaksanaan PPDB SMP, Disdikpora Kudus: ‘Offline Kami Buka’

BETANEWS.ID, KUDUS – Pelaksanaan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) SMP di Kabupaten Kudus berakhir hari ini, namun ada sekolah yang tak penuhi kuota. Meski begitu, pihak Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Disdikpora) Kudus akan membuka pendaftaran offline, bagi yang kekurangan murid.

Kepala Disdikpora Kabupaten Kudus, Harjuna Widada mengatakan, pihaknya akan menerima pengajuan pendaftaran secara offline di tingkat SMP, bagi sekolah yang memang kekurangan murid saat berlangsungnya PPDB online. Pihaknya juga sudah menerima laporan, ada satu sekolah yang belum memenuhi kuota.

Baca Juga: Hari Terakhir, SMPN 3 Bae Kurang 70 Siswa di PPDB Online Kudus

-Advertisement-

“Untuk pendaftaran offline kami buka, karena memang kuota belum memenuhi. Laporan yang sudah ada ini dari SMPN 3 Bae, yang masih kekurangan murid dalam pelaksanaan PPDB tahun ini,” bebernya saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Kamis (27/6/2024).

Selain SMPN 3 Bae, katanya, belum ada laporan lagi terkait sekolah yang ingin mengajukan pendaftaran secara offline. Ia menuturkan, kondisi SMPN 3 Bae yang kekurangan siswa saat PPDB tidak hanya terjadi tahun ini saja. Melainkan, tahun lalu sekolahan tersebut juga mengalami hal sama.

“SMPN 3 Bae tahun lalu ya gitu, sehingga mengajukan akan melakukan pendaftaran secara offline. Untuk potensi yang akan melakukan pendaftaran secara offline lagi, sampai saat ini belum ada yang lapor,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, mekanisme pengajuan pendaftaran secara offline, harus menggunakan surat dengan keterangan memang saat PPDB berakhir masih belum memenuhi kuota yang ditargetkan.

“Mengenai persyaratan pendaftaran offline, tidak terikat pada kempat jalur yang diberlakukan saat PPDB online. Jadi tidak akan ada lagi persyaratan seperti jalur zonasi seperti itu,” imbuhnya.

Terpisah, Ketua Panitia PPDB SMPN 3 Bae, Muhammad Marjuki mengakui, bahwa sampai hari terakhir pelaksanaan PPDB di sekolahnya masih kekurangan siswa. Menurutnya, kekurangannya sampai puluhan siswa dari kuota yang ditentukan, yakni sebanyak 256 orang.

“Sementara saat ini masih kekurangan siswa, karena itu nanti kita buka pendaftaran secara offline setelah berakhirnya PPDB online. Kami akan mengajukan ke pihak dinas untuk melakukan pendaftaran offline,” tuturnya.

Kurangnya siswa di SMP tersebut, lanjutnya, karena banyak faktor. Satu karena lokasi sekolah berdekatan dengan SMPN 2 Bae, kedua letak geografis yang memang jauh dari pemukiman, dan banyaknya SD yang saat ini di repgruping.

Baca Juga: Pastikan Tak Ada Joki Coklit, Bawaslu Kudus Terjunkan 169 Pengawas

“Untuk upaya kami sudah melakukan, yaitu promosi di media sosial dan beberapa gelar karya untuk menggaet siswa di sini,” ujarnya.

Ia menambahkan, pelaksanaan PPDB membuat jumlah siswa yang daftar di sana menjadi agak berkurang. Hal itu sudah dirasakan selama tiga tahun terakhir. Sebab, sebelum adanya peraturan baru mengenai PPDB, pendaftar di sana menurutnya sampai lebih dari kuota yang sudah ditentukan.

Editor: Haikal Rosyada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER