31 C
Kudus
Rabu, Juli 17, 2024

Pastikan Tak Ada Joki Coklit, Bawaslu Kudus Terjunkan 169 Pengawas

BETANEWS.ID, KUDUS – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kudus menggelar apel patroli kawal hak pilih dengan peserta seluruh Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dan Pengawas Kelurahan/Desa, di Kantor Bawaslu Kudus, Kamis (27/6/2024).

Kegiatan tersebut untuk mengantisipasi kecurangan data pemilih dalam tahapan pencocokan penelitian (Coklit) serentak dan pemutakhiran daftar pemilih (Pantarlih) Pilkada 2024.

Ketua Bawaslu Kudus, Muh Wahibul Minan, mengatakan, apel ini merupakan tindak lanjut dari intruksi Bawaslu RI terkait dengan patroli pengawasan kawal hak pilih. Pihaknya menerjunkan 169 petugas untuk pengawasan Coklit ini.

-Advertisement-

Baca juga: Pilkada 2024: KPU Kudus Terjunkan 2.310 Petugas untuk Pemutakhiran Data Pemilih

“Jumlah tersebut terdiri dari Panwascam dan PKD berjumlah 159 orang. Serta 20 orang dari Bawaslu Kudus,” ujar Minan.

Tugas dari para pengawas Pilkada tersebut, kata Minan, untuk melakukan pengawasan melekat saat pelaksanaan Coklit. Selain itu, mendirikan posko hak pilih, kemudian mendatangi tempat-tempat keramaian dengan cara cek DPT online, dan lain sebagainya.

“Yang paling penting adalah memastikan bahwa tak ada perjokian pada proses coklit oleh petugas pemutakhiran daftar pemilih (Pantarlih),” tegasnya.

Minan menuturkan, Coklit memang harus dilakukan sesuai ketentuan yakni dengan cara rumah ke rumah. Karena pengalaman pada Pemilu 2024 kemarin, masih terjadi perjokian Coklit.

“Oleh karena itu, jangan sampai Pilkada 2024 ini masih ada perjokian Coklit. Serta jangan sampai ada coklit yang tak door to door,” bebernya.

Baca juga: Belum Laporkan Hartanya, 10 Caleg Terpilih Terancam Gagal jadi Anggota DPRD Kudus

Dia menuturkan, hari ini adalah hari pertama para PKD dan Panwascam melakukan uji petik. Sesuai Surat Edaran (SE) Bawaslu RI Nomor 89 bahwa kewajiban PKD adalah melakukan uji petik setiap hari 10 Kepala Keluarga (KK).

“Uji petik itu untuk memastikan bahwa 10 KK tersebut sudah dicoklit semua. Jadi jangan sampai hak pilih ini ada yang terlewat,” imbuhnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER