31 C
Kudus
Rabu, Juli 24, 2024

Pemkab Kudus Alokasikan Dana Cukai Rp5,4 M untuk Obat Puskesmas

BETANEWS.ID, KUDUS – Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus mendapatkan alokasi Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) sebesar Rp34,8 miliar. Dana tersebut salah satunya untuk penyediaan obat dan bahan medis habis pakai di fasilitas kesehatan senilai Rp 5,4 miliar.

Kepala DKK Kudus, Andini Aridewi, mengatakan, hingga saat ini alokasi anggaran tersebut sudah terserap lebih dari separuh.

“Dana cukai untuk pengadaan obat jelang semester pertama ini serapannya cukup bagus. Dari alokasi anggaran yang ada sudah terserap 55 persen,” ujar Andini kepada Betanews.id melalui aplikasi pengirim pesan, belum lama ini.

-Advertisement-

Baca juga: Pemkab Kudus Akan Beri Pelatihan Petani dan Peternak Pakai Dana Cukai

Alokasi dana cukai untuk pengadaan obat, tutur Andini, bertujuan untuk memenuhi layanan kesehatan, khususnya untuk screening penyakit dan pengobatan atau penanganan.

“Obat dan bahan medis habis pakai itu didistribusikan ke semua puskesmas dan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Laboratorium Kesehatan (Labkes) di Kudus,” bebernya.

Andini pun kemudian merincikan pengadaan obat dari dana cukai tersebut. Untuk obat operasional seluruh puskesmas Rp 2,2 miliar, pengadaan bahan medis habis pakai Rp600 juta, dan pengadaan bahan medis habis sekali pakai untuk pencegahan dan pengendalian penyakit Rp2,6 miliar.

Baca juga: Revitalisasi 7 Pasar Tradisional Gunakan Dana Cukai Akan Dimulai Agustus

Andini berharap, dana cukai itu mampu menunjang pencegahan dan penanganan masalah kesehatan, sehingga tak ada warga sakit tapi fasilitas kesehatan kurang memadai dan stok obat kosong.

“Dengan terlayani pasien yang sakit dengan baik, maka akan mampu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,” imbuhnya. (adv)

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER