31 C
Kudus
Rabu, Juli 24, 2024

Restorasi Mangrove Jadi Solusi Kembalikan Biota Laut Karimunjawa

BETANEWS.ID, JEPARA – Pemulihan biota laut menjadi salah satu persoalan yang harus dituntaskan paska ditutupnya tambak udang intensive di Pulau Karimunjawa oleh Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kelautan (Gakkum LHK) Wilayah Jawa, Bali, Nusa Tenggara (Jabalnusra).

Prof. Sri Rejeki, Dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Diponegoro (Undip) Semarang mengatakan restorasi mangrove dapat menjadi salah satu solusi agar biota laut yang berada di pesisir pantai Karimunjawa dapat kembali tumbuh.

Baca Juga: Baliho Pilkada Tak Mampu Sumbang Pendapatan Daerah, BPKAD Jepara Terapkan Strategi Khusus

-Advertisement-

Ia menjelaskan laut yang ditanami mangrove perairannya akan terjaga. Sebab pohon mangrove memiliki banyak fungsi. Diantaranya bisa menjaga pantai dari abrasi, akar mangrove bisa memerangkap sedimen sehingga abrasinya bisa tertahan, dan daun mangrove yang jatuh ke air akan cepat terurai menjadi unsur hara.

“Sehingga kawasan di sekitar hutan mangrove menjadi subur. Dampaknya pakan alami akan tumbuh dengan baik. Kalau pakan alami tumbuh dengan baik maka biota laut yang dulu menjauh atau mati akan datang untuk mencari makan atau berlindung,” jelasnya saat dihubungi melalui telepon, Sabtu (22/6/2024).

Sehingga nantinya juga akan berdampak pada melimpahnya hasil tangkapan nelayan kecil. Dimana mereka tidak perlu terlalu jauh untuk mencari ikan.

Untuk ia juga menyarankan agar lahan bekas tambak udang salah satunya bisa dimanfaatkan dengan ditanami pohon mangrove. Tetapi dengan syarat, lahan tersebut harus cukup air sehingga tanaman mangrove bisa tumbuh dengan baik.

“Tapi kalau ditanami mangrove masyarakat juga harus mengikhlaskan karena tidak bisa ditanami tanaman pangan,” katanya.

Baca Juga: Bekas Lahan Tambak Udang Karimunjawa Disarankan Jadi Lahan Budi Daya Rumput Laut

Akan tetapi ketika mangrove sudah tumbuh dengan baik, nantinya bisa dijadikan sebagai tempat wisata berupa mangrove hiking. Selain itu perairan laut yang rusak akibat limbah tambak udang juga akan pulih secara perlahan.

“Saat ini mangrove juga sedang menjadi perbincangan dunia karena bisa menyerap karbon,” katanya.

Editor: Haikal Rosyada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER