31 C
Kudus
Kamis, Juli 18, 2024

Peringati Hari Lingkungan Hidup, Pemkab Jepara Bersihkan Sampah di Pantai Kartini

BETANEWS.ID, JEPARA – Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara mengadakan kegiatan bersih sampah di kawasan Pantai Kartini, Jumat (21/6/2024). Dalam kegiatan tersebut, sebanyak 45,4 kilogram sampah berhasil terkumpul.

Pj Bupati Jepara, Edy Supriyanta, mengatakan, persoalan sampah menjadi perhatian bersama. Sebab menurutnya, masalah sampah bukan hanya tanggung jawab pemerintah tetapi juga harus diikuti kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Terlebih, Kabupaten Jepara merupakan salah satu daerah yang menjadi tujuan wisata unggulan di Provinsi Jawa Tengah.

-Advertisement-

Baca juga: Puluhan Baliho Bakal Calon Gubernur Jateng Diturunkan Paksa Satpol PP Jepara

“Kita lihat langsung sekarang banyak wisatawan yang akan menuju ke Karimunjawa. Jika kota kita bersih, wisatawan akan nyaman dan ini bisa meningkatkan perekonomian Jepara,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Aris Setiawan, mengatakan, 45,4 kilogram sampah yang berhasil terkumpul terdiri dari berbagai macam jenis, mulai dari sampah plastik hingga dedaunan.

“Banyak, ya, tadi, ada sampah organik dan anorganik seperti plastik. Memang tidak terlalu banyak karena Ibu PKK dan Pokdarwis punya kegiatan seperti ini secara rutin. Bahkan juga punya kegiatan tabungan sampah,” katanya.

Sampah dari hasil kegiatan tersebut, menurutnya, akan dimanfaatkan kembali. Untuk sampah organik akan dijadikan sebagai kompos, sementara yang anorganik akan dijual.

“Di TPA Bandengan ada unit pengelolaan kompos dari sampah-sampah rumah tangga. Sementara itu, di DLH ada bank sampah yang bisa dimanfaatkan masyarakat untuk menyetorkan sampah anorganiknya,” imbaunya.

Baca juga: Pemulihan Lahan Bekas Tambak Udang Karimunjawa Tunggu Proses Persidangan

Ia menambahkan, untuk meminimalisir jumlah sampah yang ada di tempat wisata, dari DLH sudah menyediakan beberapa tempat sampah di spot-spot yang banyak dikunjungi wisatawan. Sehingga harapannya, para wisatawan bisa ikut untuk menjaga kebersihan di tempat wisata.

“Tentu kami berharap masyarakat maupun wisatawan dapat bersama-sama menjaga kelestarian lingkungan. Dimulai dari hal-hal kecil, bertanggung jawab atas sampah yang dihasilkan,” ujarnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER