31 C
Kudus
Jumat, Juli 19, 2024

Pemulihan Lahan Bekas Tambak Udang Karimunjawa Tunggu Proses Persidangan

BETANEWS.ID, JEPARA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara akan melakukan pemulihan lahan bekas tambak udang di Karimunjawa. Namun, proses pemulihan masih menunggu selesainya persidangan para tersangka pemilik tambak udang.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jepara, Aris Setyawan, mengatakan, sesuai hasil diskusi dengan komunitas pemerhati lingkungan, pihaknya akan memulihkan lahan bekas tambak udang dengan cara menanami tanaman yang cocok dengan kontur tanah Karimunjawa.

“Untuk pemulihan lahan Pemkab nanti akan kita support, kita bantu bibit dan kompos supaya tanaman bisa hidup di sana,” katanya saat Konferensi Pers Direktorat Gakkum LHK di Kantor Kejaksaan Negeri Jepara, Kamis (13/6/2024).

-Advertisement-

Baca juga: Masih Nekat Beroperasi, Pemilik Tambak Udang di Karimunjawa Bakal Ditindak Tegas

Namun, karena proses pemulihan lahan dari Pemkab masih menunggu selesainya persidangan, ia mengimbau kepada masyarakat pemilik tanah atau yang tanahnya disewa untuk mempersiapkan proses pemulihan.

“Untuk kolam hasil galian kita imbau untuk reklamasi, minimal diratakan supaya bisa diberikan tanaman yang kira-kira cocok dan bermanfaat,” ujarnya.

Ia menuturkan, ada beberapa tanaman yang cocok ditanam di Karimunjawa. Seperti sengon laut, pohon akasia, dan buah-buahan. 

“Kita punya kebun bibit tanaman di Kecamatan Mlonggo yang memiliki berbagai varietas tanaman. Selain itu kita nanti juga akan koordinasi dengan Dinas Pertanian untuk membantu menyediakan bibit tanamannya,” katanya.

Baca juga: Gakkum LHK Telusuri Dugaan Pencucian Uang Tambak Udang Karimunjawa

Berdasarkan catatan Koalisi Kawal Indonesia Lestari (Kawali), hingga 2023 total ada 33 titik tambak udang yang tersebar di Desa Karimunjawa dan Kemujan. 33 Titik tambak udang tersebut terbagi ke dalam 228 petak dengan total lahan seluas 44 hektare.

Luas per satu titik tambak udang itu berkisar antara 0,9-7 hektare. Sedangkan untuk perizinannya ada yang ilegal, tapi kemungkinan ada yang sudah mengajukan izin.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER