31 C
Kudus
Rabu, Juni 19, 2024

Meski Hasilnya Tak Tentu, Walin Selalu Semangat Jual Gandos Demi Cukupi Kebutuhan

BETANEWS.ID, JEPARA – Walin (43) dengan penuh konsentrasi mengaduk adonan khas kue gandos di Jalan Patimura, Jobokuto, Kecamatan/Kabupaten Jepara. Setelah mencurahkan adonan, ia dengan hati-hati menutup cetakannya untuk memastikan kue gandosnya matang sempurna. Sesekali, ia memeriksa kematangan kue yang sedang dipanggang.

Meski sore itu dagangannya masih berlimpah, Walin tetap sabar menanti pembeli. Semangat dan keyakinan kuat menjadi senjata utamanya dalam berjualan dari pagi hingga malam.

“Saya telah berjualan gandos selama 3 tahun. Pagi hari saya berjualan di pasar apung, kemudian setelah asar, saya berpindah ke depan SMP 1 Jepara,” ungkap wanita asal Wedung Muteh itu, Senin (13/05/2024).

-Advertisement-

Baca juga: Sering Dipesan untuk Acara, Tahu Bakso Suci Ini Pakai Resep Khas Ungaran Lho

Sebelum terjun ke bisnis gandos, Walin sempat berjualan soto selama sekitar 30 tahun bersama temannya. Namun, setelah kepergian temannya, Walin berinisiatif untuk beralih usaha.

Setelah memutar otak, Walin akhirnya memutuskan untuk menjual gandos. Ia mengaku, membuka usaha tersebut dengan tujuan membantu suaminya mencari penghasilan tambahan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Meskipun harganya terjangkau, hanya Rp.500 per potong, ia tetap menjaga kualitas bahan dan kebersihan alat-alat yang digunakan. Menurutnya, kualitas yang baik membuat pembeli merasa dihargai dan kembali membeli produknya tanpa ragu.

Dia menyebutkan, bahwa usaha gandos memberikan pendapatan yang tidak menentu. Dalam sehari, Walin bisa mengantongi uang antara Rp70 ribu hingga Rp100 ribu.

Baca juga: Gunakan Resep Warisan, Kue Leker Anwar Jadi Jajan Favorit Berbagai Kalangan

Walin juga menambahkan, pada hari biasa ia membawa adonan 3 kilogram. Sesangkan di akhir pekan, Walin membawa adonan lebih banyak, yakni sekitar 5 kilogram.

“Pendapatan tidak menentu karena situasi jualan kadang sepi, kadang ramai. Dibandingkan dengan tahun lalu, memang terjadi penurunan,” tambahnya.

Penulis: Ihza Miftahul Huda, Mahasiswa Magang Unisnu

Editor: Ahmad Rosyidi

Redaksi
Redaksi
Beta adalah media online yang lahir di era digital. Berita yang disajikan unik, menarik dan inspiratif. Serta dikmas dalam bentuk tilisan, foto dan video.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
139,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER