31 C
Kudus
Jumat, Juli 12, 2024

Masjid Menara Kudus Sembelih 15 Kerbau dan 33 Kambing, Bagikan 10 Ribu Bungkus

BETANEWS.ID, KUDUS – Masjid Menara Kudus menyembelih 15 kerbau dan 33 kambing di hari ketiga Hari Raya Iduladha, Rabu (19/6/2024). Hewan kurban itu milik Penjabat (Pj) Bupati Kudus, Polres Kudus, perusahaan seperti PT Djarum dan PT Sukun, dan warga.

Ketua Panitia Kurban Menara Kudus, Ahmad Arinal Haq, menyampaikan, pelaksanaan penyembelihan hewan kurban Masjid Menara Kudus memang selalu dilakukan pada tanggal 12 Zulhijjah atau hari tasyrik yang kedua.

Menurutnya, hewan kurban tersebut akan dibagi menjadi 10 ribu bungkus dan akan dibagikan dalam dua cara. Pertama pembagian sistem kupon bagi yang berkurban dan selebihnya akan didistribusikan kepada warga di sembilan kecamatan.

-Advertisement-

Baca juga: Warga Jepara Pilih Potongkan Hewan Kurban di RPH, Ini Alasannya

“Untuk daging kurban yang kami bagi memang kita fokuskan untuk mustahik atau orang yang memang berhak mendapatkan. Artinya kita membagikan kepada warga yang memang daerahnya tidak ada kurban,” jelasnya.

Ia menyampaikan, tahun ini perolehan hewan kurban yang diamanatkan ke Masjid Menara Kudus mengalami penurunan. Menurutnya tahun lalu, Menara mendapatkan hewan kurban sebanyak 18 ekor kerbau, tahun ini hanya 15 ekor kerbau.

Baca juga: Ponpes Habib Bidin Sembelih Belasan Hewan Kurban

“Harapannya tepat sasaran. Karena kita sudah mengikhtiarkan mendata yang benar-benar kurang ataupun tidak ada kurban sama sekali. Semoga saja ini bisa di tangan yang berhak, sehingga ibadah dari yang menitipkan kepada kami diterima,” tuturnya.

Ia menambahkan, dalam pelaksanaan kurban itu, pihaknya melibatkan sekitar 200 orang, meliputi warga sekitar, santri, hingga dinas terkait seperti PKPLH dan Damkar.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER