31 C
Kudus
Rabu, Juni 19, 2024

Magang di Kudus, Praja IPDN Akan Fokus Bantu Tangani Kemiskinan dan Stunting

BETANEWS.ID, KUDUS – Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) menyelenggarakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik di Kabupaten Kudus. 535 praja IPDN itu akan ditempatkan di beberapa kecamatan untuk membantu menangani kemiskinan dan stunting.

Rektor IPDN, Hadi Prabowo, mendorong praja-praja IPDN bisa terus berkembang, serta belajar dengan kolaborasi intensif dengan Pemkab. Ia juga berterima kasih kepada Pemkab Kudus yang menfasilitasi kerja sama KKN Tematik IPDN pada tahun ini.

Penjabat (Pj) Bupati Kudus, Muhamad Hasan Chabibie, menyambut baik kehadiran praja-praja untuk berkolaborasi dengan pemerintah daerah. Menurutnya, kerja sama ini akan membantu Pemkab Kudus dalam pemetaan angka kemiskinan serta data stunting.

-Advertisement-

Baca juga: Angka Stunting di Kudus Diklaim Turun dari 19 Jadi 16,8 Persen di 2023

“KKN Tematik dengan target pemetaan data kemiskinan dan angka stunting di Kabupaten Kudus menjadi sangat penting. Dari data yang terekam nanti, akan menjadi salah satu alat dukung Pemkab Kudus menyiapkan perencanaan program, perencanaan anggaran, sekaligus eksekusi kegiatan yang tepat sasaran,” kata Hasan pada pembukaan KKN Tematik IPDN di Aula DPRD Kudus, Selasa (11/06/2024).

Hasan juga mengajak jajaran IPDN untuk terus meningkatkan kerja sama, serta penguatan kualitas pembelajaran. Selain itu, Hasan juga membuka lebar kerjas ama antara IPDN dengan BKHM Kemendikbud, khususnya kerja sama dengan jaringan internasional dan Atdikbud di 20 negara.

Baca juga: Jadi Lingkaran Kemiskinan, BKKBN Minta Pekerja Gaji UMR Maksimal Punya 2 Anak

“Kami ingin praja-praja yang ikut KKN Tematik juga bisa bercengkrama dengan warga, melihat kondisi riil Masyarakat, sekaligus mengaplikasikan ilmu yang didapatkan dari kampus di kehidupan nyata,” terang Hasan.

Sementara, Ketua DPRD Kudus Masan juga menyambut baik hadirnya praja-praja IPDN di Kudus. Ia mengungkapkan bahwa adik-adik IPDN akan belajar banyak hal, serta akan mendapatkan pengalaman berharga melengkapi apa yang didapatkan di universitas.

Editor: Ahmad Muhlisin

Ahmad Muhlisin
Ahmad Muhlisinhttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sebelumnya telah lama menjadi reporter dan editor di sejumlah media.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
139,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER