31 C
Kudus
Sabtu, April 13, 2024

Angka Stunting di Kudus Diklaim Turun dari 19 Jadi 16,8 Persen di 2023

BETANEWS.ID, KUDUS – Angka stunting di Kabupaten Kudus turun dari 19 persen menjadi 16,8 persen di 2023. Meksi turun, angka itu masih jauh dari target nasional sebesar 14 persen.

Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Masyarakat (Kesmas) pada Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus, Nuryanto, menyampaikan, turunnya angka stunting tersebut berdasarkan  Survei Kesehatan Indonesia (SKI) yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus. Sebab, hingga saat ini hasil SKI yang dari Kementerian Kesehatan belum juga dirilis.

“Untuk survei tersebut, kita menggunakan sampling 540 bayi. Dari situ kita dapatkan angka stunting di Kudus berkisar 16,8 persen,” jelasnya di sela-sela acara Eliminasi Tubercolosis (TB) di Hotel Griptha, belum lama ini.

Baca juga: Pj Gubernur Jateng Target Turunkan Stunting dari 20,8 Jadi 14 Persen

Menurut Nuryanto, hasil positif juga didapat melalui pemeriksaan Elektronik Pencatatan Pelaporan Gizi Masyarakat (EPPGM). Pemeriksaan berbasis masyarakat tersebut berupa penimbangan yang dilakukan secara rutin setiap bulan.

“Hasilnya, bayi yang tercatat stunting di angka 4,05 persen,” ungkap Nuryanto.

Dia mengungkapkan, penanganan stunting di Kudus tetap akan dilakukan intervensi dari hulu sampai hilir. Kegiatan penguatan akan dilakukan kepada anak perempuan usia SMA.

“Hal itu sebagai antisipasi apabila anak perempuan tersebut menikah lebih awal, setidaknya mereka sudah terpapar informasi bahwa ibu hamil itu harus sehat,” bebernya.

Baca juga: Selain Kurang Gizi, Penyebab Stunting juga Karena Salah Pola Asuh

Selain itu, kata dia, penanganan berupa pendampingan juga dilakukan pada saat perempuan hamil, persiapan melahirkan, serta usai melahirkan.

“Tentunya juga memastikan bayi mendapatkan Air Susu Ibu (ASI) eksklusif selama enam bulan. Itu hukumnya wajib, sebab ASI eksklusif itu belum tergantikan oleh susu formula apapun,” tandasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
135,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER