31 C
Kudus
Sabtu, Juli 20, 2024

Lumpia Anest Ini Bau Rebungnya Tak Menyengat, Cocok untuk Orang Kudus

BETANEWS.ID, KUDUS – Tiga kendi bertuliskan ‘Urip Iku Urup’ dengan polesan corak warna kuning bergaris tepi hitam tampak di Kedai Lumpia Anest, Desa Barongan, Kecamatan/Kabupaten Kudus. Kedai lumpia yang asri dan mengusung konsep multietnis itu tak lain adalah milik sepasang suami istri, Antonius dan Esti.

Saat ditemui di kedainya, Esti berbagi cerita tentang usaha yang ia rintis sejak 2018 itu. Esti mengaku, sebelum memulai usaha tersebut, ia melakukan beberapa kali eksperimen. Percobaan dan evaluasi itu dilakukan demi memenuhi standar keinginan lidah masyarakat Kudus.

Dari hasil jerih payahnya itu, ia kemudian menemukan resep lumpia yang cocok bagi lidah masyarakat Kudus. Setelah itu, Esti kemudian membuat berbagai jenis lumpia yang kini melengkapi menu kedai Lumpia Anest.

-Advertisement-

Baca juga: Porsinya Bikin Puas, Kedai Cak Gustie Jadi Favorit Mahasiswa UMK

“Awalnya kami tawarkan ke saudara, kemudian kami minta pendapat mereka tentang rasanya. Setelah beberapa kali percobaan, akhirnya banyak yang support. Lalu kita mulai taruh di market place,” ucap Esti, beberapa waktu lalu.

Baginya, di Kudus kala itu lumpia hanya dipasarkan melalui warung-warung tertentu dengan ukuran yang kecil. Sehingga, ia memiliki ide untuk menjual lumpia dengan porsi besar seperti di Semarang.

Esti juga menjelaskan lebih spesifik tentang karakter lumpia buatannya. Menurutnya, Lumpia Anest memiliki perbedaan dengan lumpia khas Semarang. Perbedaan itu ada pada resep pengolahan rebungnya yang tidak menyengat.

“Rata-rata, lumpia Semarang bau rebungnya menyengat, dan kami setelah cari tahu, rata-rata orang Kudus tidak suka bau rebung menyengat. Kemudian kita olah bagaimana caranya bau rebung itu bisa hilang,” bebernya.

Baca juga: Mencicipi Leker Asin-Manis Jualan Supaat yang Harganya Sangat Ramah Kantong

Lumpia Anest dibanderol dengan harga satuan yang berbeda-beda. Untuk lumpia spesial isi rebung, udang, ayam, dan telur dijual dengan harga Rp8.000. Sedangkan lumpia isi rebung, udang dan telur harganya Rp6.000.

“Lumpia original besar goreng maupun frozen isi rebung, ayam dan telur harganya Rp6.000. Sementara lumpia kecil goreng atau frozen dengan isian rebung, ayam dan telur kita jual dengan harga Rp5.000,” rincinya sambil menunjukan varian menu di Lumpia Anest.

Penulis: Intan Nurul Afiqoh, Mahasiswa Magang UMK

Editor: Ahmad Rosyidi

Redaksi
Redaksi
Beta adalah media online yang lahir di era digital. Berita yang disajikan unik, menarik dan inspiratif. Serta dikmas dalam bentuk tilisan, foto dan video.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER