31 C
Kudus
Rabu, Juni 19, 2024

Mencicipi Leker Asin-Manis Jualan Supaat yang Harganya Sangat Ramah Kantong

BETANEWS.ID, JEPARA – Di bawah sinar matahari yang terik, sebuah pemandangan menarik terlihat di Jalan MH Thamrin 8, Kelurahan Panggang, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara. Seorang kakek berjenggot putih dengan gaya berpakaian khas, mengenakan topi peci hijau, kemeja abu-abu, dan tas selempang, tampak berdiri di sana. Dialah Supaat (65), seorang penjual kue leker yang telah menjalani perjalanan panjang dalam mencari rezeki setiap hari.

Meski gerobak dagangannya masih sepi pembeli pada saat itu, rasa syukur tak pernah lepas dari Supaat. Doa-doa yang dipanjatkannya selalu dipenuhi dengan harapan agar dagangannya ramai pengunjung setiap harinya.

Supaat berjualan leker mulai pukul 9:00-22:00 WIB, tergantung permintaan. Kadang-kadang kalau sebelum jam itu habis, dia bisa pulang. Namun, jika masih ada stok, maka akan jualan sampai pukul 22.00.

-Advertisement-

Baca juga: Jasuke dan Es Jagung di Rendeng Ini Varian Rasanya Banyak Banget, Harga Mulai Rp6 Ribu

Sebelum memilih berjualan leker di Jepara, Supaat memiliki pengalaman sebagai tukang ukir kayu dan merantau ke berbagai daerah seperti Pekalongan, Solo, hingga Medan. Pengalamannya dalam berjualan leker tidak hanya terjadi sekali, bahkan pada tahun 1982, ia pernah berjualan leker dan pisang molen di Medan.

Namun, pada 1994, ia kembali ke Jepara untuk merawat ayahnya yang sedang sakit parah. Baru tiga tahun terakhir, Supaat kembali menekuni bisnis leker di Jepara.

Ia mengaku, selalu mengutamakan bahan-bahan premium tanpa tambahan zat-zat berbahaya lainnya, sehingga kualitas dan rasa produknya terjamin.

Baca juga: Kerupuk Khas Lampung Ini Laris Manis Diminati Warga Jepara

“Pendapatan harian saya berkisar antara Rp150 ribu hingga Rp400 ribu, tergantung seberapa ramai pengunjungnya. Pada masa pandemi Covid-19, penghasilan meningkat drastis hingga Rp900 ribu sehari. Namun, sejak batasan tersebut mulai dilonggarkan, pendapatan saya kembali ke angka normal,” ungkapnya.

Leker buatan Supaat dapat ditemui di seberang Baznas Kabupaten Jepara, tepatnya di perempatan bawah tiang listrik. Harganya pun cukup terjangkau, mulai dari Rp2.000 untuk rasa manis hingga Rp10.000 untuk rasa asin.

Penulis: Ihza Miftahul Huda, Mahasiswa Magang Unisnu

Editor: Ahmad Rosyidi

Redaksi
Redaksi
Beta adalah media online yang lahir di era digital. Berita yang disajikan unik, menarik dan inspiratif. Serta dikmas dalam bentuk tilisan, foto dan video.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
139,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER