31 C
Kudus
Rabu, Juli 24, 2024

Isian Melimpah, Batagor Cireng Jalan Mangunsarkoro Jepara Jadi Primadona

BETANEWS.ID, JEPARA – Kerumunan pembeli tampak memadati gerobak batagor dan cireng yang berada di Jalan Mangunsarkoro, Kelurahan Panggang, Kecamatan/Kabupaten Jepara. Pembeli datang silih berganti meski harus mengantri cukup lama untuk mencicipi gurihnya batagor dan cireng.

Yahya Sunarya (55), Pedagang batagor dan cireng yang berasal dari Tasikmalaya, Jawa Barat bercerita, batagor dan cireng buatannya memang selalu ramai pembeli. Jika hanya berjualan batagor, ia biasanya mulai berjualan dari pukul 10.00 WIB.

Baca Juga: Nikmatnya Ramai-Ramai Menyantap Kuliner Khas Tambak di Batangan Pati

-Advertisement-

Sedangkan jika juga menjual cireng, karena ia memproduksi sendiri mulai dari kulit sampai isiannya, ia biasanya baru berjualan pada pukul 12.00 WIB.

“Kalau bawa cireng bukanya agak siang, soalnya bikin dulu, mulai dari jam 6 pagi. Baru buka gitu kadang udah ramai, yang beli pada antri biasanya,” katanya pada Betanews.id, Sabtu (29/6/2024).

Dalam sehari, ia biasanya mampu menjual 8 kg adonan batagor dan sekitar 400-450 buah cireng yang terbuat dari 4 kg adonan. Untuk batagor, di dalamnya berisi potongan tahu putih. Sementara cireng berisikan suwiran ayam yang dimasak pedas.

Batagor dan cireng buatannya juga selalu dijual dalam kondisi hangat. Sehingga lebih kenyal saat dinikmati.

“Yang bikin antri karena kadang harus nunggu digoreng dulu, jadi masih anget-anget pas dijual. Sehari biasanya bikin 8 kg adonan batagor, tapi jadinya berapa porsi ngga pernah ngitung,” ujarnya.

Untuk satu buah cireng dijual dengan harga Rp2 ribu, sedangkan batagor dijual Rp5 ribu per bungkus. Ia berjualan setiap hari. Hanya saja terdapat perbedaan menu yang ia jual. Di hari Sabtu-Kamis, ia biasanya menjual Batagor dan Cireng, Namun, khusus di hari Jum’at ia tidak membuat cireng, tetapi diganti dengan cibaty.

Baca Juga: Pecinta Durian Wajib Coba Segarnya Aneka Es di Keluarga Durian Pati

Salma Putri Syaharani (22), Pembeli yang berasal dari Kelurahan Panggang, Kecamatan/Kabupaten Jepara mengaku sudah lama membeli batagor dan cireng milik Yahya. Cireng buatan Yahya menurutnya memiliki kulit yang lebih empuk dan kenyal. Isian suwiran daging ayamnya juga sangat terasa.

“Udah lama sih beli disini, soalnya enak, kulitnya empuk terus kenyil. Ayamnya juga kerasa, beda lah sama yang lain. Batagornya juga enak,” katanya.

Editor: Haikal Rosyada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER