31 C
Kudus
Rabu, Juli 24, 2024

Christhoper, Karateka Asal Pati Bersiap Turun di Kejuaraan Asia

BETANEWS.ID, PATI – Prestasi level internasional terus diraih karateka asal Kabupaten Pati Christhoper Edberd Setiabudi. Setelah meraih medali emas dalam 11th South East Asian Karate Federation (SEAKF) Championships 2024 di Thailand pada April, kini dia mendapat tiket ke kejuaraan karate Asia, Asian Karate Federation (AKF) Championships 2024. Kejuaraan karate level Asia itu, bakal berlangsung di Manila, Filipina pada Agustus tahun ini.

Medali emas dari SEAKF diraih remaja yang akrab disapa Christho itu, dari nomor U21 Male Kata. Dia mengungguli atlet pesaing beratnya asal Vietnam dan Filipina, serta tuan rumah Thailand.

Baca Juga: Polisi Bakal Jemput Paksa Pelaku Pengeroyokan di Sukolilo

-Advertisement-

Ketua Federasi Olahraga Karate-do Indonesia (Forki) Pati Aris Heru Prasetyo menyebut, prestasi pada ajang resmi tersebut merupakan Raihan gemilang Christho. Dia tidak hanya mengharumkan nama bangsa Indonesia di level internasional, tetapi sekaligus mengangkat daerah asalnya, Pati.

“Potensinya besar dan dia konsisten untuk bekerja keras sehingga hasilnya membanggakan,” ujarnya, Selasa (18/6/2024).

Aris mengungkapkan, pencapaian Christho saat ini bukan dicapai tiba-tiba. Siswa SMA itu, berlatih keras dan disiplin sejak usia dini. Konsistensi tersebut terjaga sampai remaja sehingga banyak berbuah prestasi nasional maupun internasional.

Lebih lanjut Aris menjelaskan, saat ini Christho juga banyak mencatatkan sejarah. Sejauh ini dia tercatat sebagai karateka asal Pati yang pertama tampil dalam kejuaraan karate tingkat Asia (AKF). Termasuk saat turun dalam kejuaraan level Asia Tenggara SEAKF, dia juga menjadi karateka asal Bumi Mina Tani yang pertama kali meraih emas.

Baca Juga: Ribuan Bunga Mawar Dibagikan ke Warga, Simbol Pati Cinta Damai

“Ini sejarah pertama kali atlet Pati tampil di kejuaraan resmi karate internasional (bukan open tournament) mewakili timnas Indonesia, dan berhasil merebut emas,” ungkapnya.

Prestasi remaja asal Desa Sekarjalak, Kecamatan Margoyoso, Pati di ajang internasional bisa jadi berlanjut. Bahkan, jika dia mendulang emas dalam AKF Championships 2024, maka peluang tampil di kejuaraan karate tingkat dunia, Word Karate Federation (WKF) Championships 2024 di Venesia, Italia terbuka lebar.

Editor: Haikal Rosyada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER